Dear Mba' Rien,
Definisi rahim turun ... ??!!?? apa yach ... kayaknya agak sukar juga jelasinnya.Tapi
akan saya coba
jelasin berdsrkan dokter terapy saya.
Waktu habis melahirkan lewat caesar (6 jam ssdhnya) ada dokter terapy yg mendatangi
kami
(kebetulan wkt itu ada 4 org yg bersamaan) dan melatih kami senam ringan, trus besoknya
ssdh 12 jam kami juga diajarkan senam lanjutannya demikian seterusnya sampai 10 jenis
gerakan. Senam itu harus kami ulang tiap hari sesering mungkin.
Senam tsb mencakup telapak kaki, kaki, paha, pantat, perut, & punggung, yg bertujuan
utk
menghindari antara lain kram, kaku", sulit bergerak, kelenturan bekas jahitan, dan
rahim turun.
Beliau sempat menjelaskan meski rahim akan pulih spr semula (tdk semua org bisa
kembali spr sediakala)
tapi kalo kita nggak melatihnya sejak dini maka rahim akan bisa kendor & akhirnya bisa
melorot turun.
Pada tahap awal bisa diatasi dg terapy senam, tapi pada tahap lanjut sdh nggak bisa
lagi, malahan kalo
sdh parah (rahim sdh melorot sampai mendekati maaf ... lubang vagina) kita akan merasa
kesakitan & harus
dioperasi (kalo nggak bisa dikembalikan ... maka terpaksa hrs diangkat).
Berdsr pengalaman mama saya, 1 mg sehabis mama melahirkan adik saya, wkt itu mama saya
angkat bak mandi
adik yg ada airnya. Trus wkt sorenya mama merasa ada yg nggak enak sama perut bawahnya
dan badan rasanya
adem panas & meriang, dan dibawa ke ibu pijat ternyata memang rahimnya turun/kengser
(org. Jawa bilang).
Nah ... menurut org" juga sich, mengenai rahim turun ini nggak melulu dialami oleh mrk
yg habis
melahirkan saja. Siapapun bisa, tergantung dari kondisi rahim masing" kita.
Semoga bisa membantu ...gimana rekan netter .... mungkin ada yg mau mengoreksi atau
menambah. Sorry
......... kepanjangan.

Rgds, Mamanya Gabby