Untuk mama Kika,
Kalau kita minta ya boleh saja, apalagi kalau kita
punya kekhawatiran tentang itu. Tetapi kita harus siap
karena suntikan mantoux cukup sakit buat anak dan
hasilnya agar akurat harus dikombinasikan dengan
prosedur lain yang juga nggak kalah heboh yaitu
rontgen dan tes darah.
Kalau mbak yakin bahwa berat Kika berkurang berarti
harus dicari dengan pasti penyebabnya karena selain
TBC, cacingan, kekurangan vitamin B dan penyakit lain
bisa jadi penyebab barat badan turun. Alerinya mungkin
juga jadi penyebab, apa sudah dipastikan sumber
alerginya? Pantau terus berat badan anak di kartu KMS,
kalau beratnya berkurang lebih dari 10 % berarti ada
sesuatu yang salah dalam tubuhnya (kecuali kalau
memang sedang sakit).
Untuk mama Nanda,
Lakukan tes dengan lengkap untuk memastikan
pengobatannya, yaitu dengan Rontgen dan Test darah,
kalau semua hasilnya positif maka berarti pengobatan
harus segera dilakukan sebelum bertambah parah.

Mamanya Dafi

--- "Misty A. Maitimoe" <[EMAIL PROTECTED]>