Iya Mba' Rahmi Qiya termasuk kuat makannya, Gabby (13,5 bln/11,2 kg bln lalu) aza makan
nasinya masih 2 kali.
antara 7 - 7.30 pagi  : makan pagi, nasi(2-3sdm)/havermut/macaroni+sayuran+lauk
9.30 pagi  : susu 210 cc (langsung bobo' juga)
11 siang : biscuit(1-2keping)+sari kacang ijo
12 siang : susu 210 cc
1.30 siang : jus buah (melon, jeruk, pear xianglie dll), kadang sama biscuit juga 1
keping
antara 2.30 - 3 sore : makan sore, nasi+sayuran+lauk
antara 6.30 - 7 malam : biscuit/sup/camilan lain (antara jam 5.30 - 6 biasanya Gabby
bobo')
antara 7.30 - 8 malam : susu 210 cc - 240 cc (tergantung camilannya, kalo ringan
susunya
240 cc)
antara jam 9 - 10 biasanya Gabby langsung bobo' sampai pagi bangun jam 6.30-7 (tanpa
bangun/minum tengah malem).
Gabby punya gigi 9, dan makannya sama sprt Intan masih diemut (tp skrg sdh agak
mendingan).
Kalo saranku lbh baik jangan dipaksa/ditambah porsinya mending dikasih dikit" tpi
sering
& juga diselingi camilan lainnya (Gabby kalo makan diemut tp kalo camilan nggak), smua
cara udah aku lakukan mulai dari variasi makanan, ikan/lauk, suasana makan, cara makan
dll tp nggak berhasil tuh.
Akhirnya aku menyerah mungkin udah masanya kayak gitu, syukur skrg udah mendingan nggak
seberapa diemut. Mungkin netters lain ada yg punya kiat" jitu utk ngatasinnya, ditunggu
yach ...

Buat Bunda Qiya,

> Selama ini pernah dicoba 1/4 bagian dari makanan yang tidak tersaring
> dicampurkan ke dlm makanannya yg sudah disaring

cara tsb sdh benar, mulai dg porsi yg kecil(campurannya) trus bertahap makin hari makin
banyak sampai semuanya berganti dg yg agak kasar. Tdk ada patokan umur khusus utk makan
makanan kasar yg terpenting bila si anak bisa/nggak keselek ya nggak papa, tetangga
saya
ada yg gigi anaknya masih 2 (1 th) tp udah bisa makan nasi, mie, krupuk dll yg menurut
saya kasar

Sorry kepanjangan yach .........

Rgds, mamanya Gabby