Dear netters dan dokter,

Minta sumbang saran dong. Kika (18 bulan) sejak pertengahan agustus
batuk-batuk. DSAnya bilang karena alergi. Waktu itu saya sempat ke DSA yang
lain, karena DSA yang biasa sedang keluar negeri. Beliau juga bilang
batuknya karena alergi. Masing-masing memberikan obat. DSA yang biasa nggak
mau kasih antibiotik, tapi  DSA yang kedua (dokter keluarga suami sejak
suami masih kecil) ngasih antibiotik yang bagi saya jumlahnya cukup banyak.

Resep dari kedua DSA ini sempat ditebus 2 kali (karena boleh diulang). Tapi
sampai sekarang malah Kika jadi batuk dan pilek.

Rumah sudah kami bersihkan dan tampaknya alerginya sudah mendingan.

Masalahnya, kemarin Kika sempat diare (buang-buang air berturut-turut, cair
dan berlendir). Oleh Omanya (karena Kika kalau siang diasuh oleh Omanya),
dibawa ke UGD di RSIB. Oleh dokter (umum) di UGD diberikan obat (4 macam
kalo nggak salah).

Yang saya ingin tanyakan:
Apakah kemungkinan pengaruh Kika makan obat sebanyak itu sejak pertengahan
Agustus terhadap tubuhnya.
Apakah ada obat tradisional (untuk batuk produktif dan diare)yang bisa saya
berikan sebelum langsung lari ke dokter dan dikasih obat? (Di milis kemarin
saya sempat download, tapi boleh tau sampai sebatas apa saya bisa kasih obat
tradisional sebelum harus ke dokter)
Kedua DSA tidak menyarankan inhalasi ataupun di test mantoux karena memang
tidak ada indikasi ke situ. Tapi saya penasaran aja.
Timbangan badan Kika sebenarnya konstan (12,8 - 13kg). Tapi waktu saya bawa
ke DSA yang kedua, kok timbangannya 11,4. Dua minggu kemudian di DSA yang
pertama kembali 12,8 dan di rumahpun 13 kg. Tapi kemarin di UGD kok 11,5.
Saya bingung mana yang benar. Karena kalau memang yang benar 11.5 kg,
artinya Kika sudah turun 1,5 kg!
Apakah ada saran bagi saya untuk memeriksakan Kika ke RS Harapan Kita atau
RSCM sekalian, karena disana kan tempat berkumpul para ahli. Dan kepada ahli
apa sayua harus konsultasi? Apakah mungkin untuk berkonsultasi dengan satu
tim khusus? BBila mungkin, apa yang harus saya lakukan?
Bolehkah Kika test alergi? Kedua DSA tidak menyarankan, karena belum 2
tahun.

Maaf karena pertanyaan saya panjang. Saya mohon saran dengan amat sangat,
karena saya sangat khawatir.

Terima kasih banyak.

Mamanya Kika