Kalau sedang liburan seperti ini lewat mana pun rawan
macet. Hanya kalau mau ke Ciater, Tangkuban Perahu,
maribaya bisa lewat cikampek (tol) dahulu kemudian
belok menuju arah Subang, nanti ketemu Ciater, setelah
itu Tangkuban Perahu, setelah itu turun, masuk kota
Lembang dan belok kiri ke Maribaya, baru turun ke
Bandung. Jalan Subang relatif bagus, hanya berkelok,
kalau malam gelap (tidak ada penerangan jalan) dan
hujan licin.
Pengalaman saya sih, lewat Purwakarta paling cepat,
tapi tidak ada obyak wisata, lewat puncak dan lewat
Subang hampir sama macetnya, dari segi jarak jalan
Subang paling jauh (beda hampir 30 km dari jalan
puncak) kalau musim libur apalagi saat masuk
Padalarang, macetnya bisa berkilo-kilo meter disambung
masuk ke tol nya, kalau yang mau tamasya sih kayaknya
hepi aja ya, tapi kalau seperti saya yang mau pulang
ke rumah, wah.......

Mamanya Dafi