Wah kalau bisa 15 menit duduk manis di meja sudah
bagus bu, soalnya di kita anak balita kan jarang makan
bersama, beda dengan di negara barat.
Usul saya tetap disuapi kira-kira 1/2 jam sebelum
makan bersama, nanti pas acara makan dia ikutan lagi
suap sendiri. Dafi (3,5 tahun) juga begitu meskipun
kadang pas jam makan dia minta nasi lagi (ambil yang
baru) ya diberi saja tetapi kita sudah tidak terlalu
berharap makannya habis. Sebenarnya makan saat ini
hanya melatih ritual dan table manner sehingga dia
terbiasa nantinya.
Kalau mau bertahap yang jangan langsung di meja makan.
Misalnya saat weekend, makan bersama di tikar/karpet 1
piring 2 sendok trus balapan mama-anak, lain kali
pakai piring masings, atau saling menyuapi atau ganti
piringnya soalnya Dafi suka lebih semangat kalau boleh
pakai piring yang kaca dibanding pakai piring onix
nya, mungkin merasa udah besar.
Tips lain yang berhasil ke Dafi :
1. Misalnya bilang gini "Eh Dafi tadi mama ketemu
tante A katanya B(temennya) seneng deh makan ayam
goreng, kalau makan di kunyah cepet hap hap, trus mama
bilang Dafi juga gitu kok malah gigit ayamnya gede"
kalau dengar gitu dia langsung nggak mau kalah.
2. Cerita masa kecil "Dulu waktu Dafi kecil pinteeeer
deh, kalau makan dikunyah gini nih hap hap, mama kan
masih ngaduk buburnya eh Dafinya udah bilang 'aak'
mamanya jadi buru-buru dst..." sambil disuapin, teknik
ini juga berhasil.
3. Kalau ada binatang misalnya cicak, belalang dll
disekitar rumah kita bilang "Belalang, lihat deh bang
dafi makannya pinter lho, tuh nggak diemut.
4. Ada anak yang lebih kecil kita bilang gini "Eh dek,
kalau mau besar kayak bang Dafi harus makan banyak,
gini nih lihat nggak diemut trus sayurnya juga
dimakan"
Prinsipnya di encourage bahwa dirinya positif. Yang
jelas untuk itu perlu proses dan kalau kita telaten
makin lama akan makin kelihatan kemandiriannya dalam
hal makan.

Mamanya Dafi