From: Miladinne Inesza L [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: 26 April 2002 11:09
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] FW: Anakku disiksa pembantu

Pak Taufik,

Saya menghargai pendapat pribadi Bapak, tapi terus terang saya kurang
berkenan dengan cara pandang Bapak mengenai ibu yang bekerja di luar rumah.
Faktor nomor satu yang harus kita lihat adalah alasan kenapa ibu harus
bekerja, dan saya yakin seyakin2nya bahwa lebih dari 90% ibu2 di Milis BA
ini kalau disuruh memilih antara kerja atau di rumah merawat anak, pasti
akan pilih anak.

Lalu kenapa ibu harus kerja? Faktor utama, Pak Taufik, adalah karena
kebutuhan, bukan keinginan. Tidak ada ibu yang sengaja bekerja di luar rumah
karena keinginan, karena dia memang pilih kerja daripada anak, kecuali kalau
anak itu tidak diinginkan si Ibu (dan saya pikir kasus seperti ini sangat
jarang). Dalam keadaan ekonomi yang sulit seperti sekarang ini, bagi orang
kebanyakan seperti saya, pendapatan dari satu sumber saja tidak akan cukup
untuk memenuhi kebutuhan(bukan keinginan) rumah tangga, dan kebutuhan rumah
tangga yang utama adalah kebutuhan untuk anak, bukan untuk orangtuanya.

Jadi menurut saya solusi dengan menyuruh istri berhenti bekerja mungkin
adalah solusi terbaik, tapi bagi kebanyakan orang itu menjadi pilihan
terakhir karena bukan solusi yang bisa dijalankan. Buat saya pribadi, bisa
tinggal di rumah saja dengan kebutuhan anak saya tercukupi adalah impian
yang saya tidak tahu kapan bisa terwujud. Jadi kalau Pak Taufik tanya apakah
saya puas dengan perkembangan anak saya  karena saya punya pengasuh anak
yang baik, jawabannya jelas TIDAK. Pasti saya akan lebih puas bila bisa
mengawasi perkembangan anak saya dari hari ke hari, dengan keberadaan
pengasuh hanya berfungsi sebagai 'asisten'.

Jadi begitulah, Pak, sekarang ini ibu-ibu bekerja juga utamanya untuk masa
depan anak kok. Justru karena ingin masa depan anak baik makanya kami-kami
ini harus bekerja untuk mendukung suami yang juga bekerja demi masa depan
anak. Saya kira mengenai pengasuh, memang sebaiknya tidak dibiarkan sendiri
dengan anak kita. Perlu ada orang lain yang bisa membantu mengawasi seperti
dari keluarga, atau bila mungkin bisa ada satu orang pembantu yang bukan
kenalan atau saudara si pengasuh untuk menghindari hal-hal yang tidak
diinginkan.

Demikian, maaf buat netters kalo kepanjangan, semoga bermanfaat.
-Mila-