Batas waspada orang tua untuk kemampuan bicara anak
adalah 2 tahun. Jadi kalau 2 tahun anak belum mampu
berbicara seperti teman sebayanya sebaiknya
dikonsultasikan kepada DSA atau ke lembaga yang
menangani keterlambatan bicara. Ada anak2 yang memang
lambat memulai (Dafi sendiri baru lancar setelah 22
bulan) tetapi biasanya yang telat memulai ini punya
vocabulary yang sama banyak dengan yang lebih dahulu
bicara. Berbeda dengan yang memang mengalami delay,
baik dari segi mulai dan vocab nya lebih sedikit
dibandingkan dengan anak lain. Usia 2 tahun anak perlu
bisa mengucapkan minimal 20 kata dan bisa merangkai 2
kata misalny : minum susu, baju mama dll.
Semakin dini penyebab keterlambatan ini diketahui,
semakin besar kemungkinannya di boost ke level yang
normal.

Mamanya Dafi