Postingan & foto bisa dilihat di
http://blog.tukangmakan.com/2009/11/23/kenyamanan-menu-indonesia-di-tdb/

Harus kita akui kalau tengah berburu masakan Indonesia, kenyamanan bukan
menjadi perhatian utama karena sudah puas dengan kelezatan dari makanan itu
sendiri entah ketika kita makan di warung, pinggir jalan maupun restaurant.

Nah kebetulan Tungdeblang (TDB) mulai awal November ini mengganti hampir
semua menunya dengan mayoritas menu makanan Indonesia dari Ayam Bakar
Taliwang sampai Tahu Gejrot yang menjadi favorit saya.

Menikmati makanan Indonesia dengan duduk di sofa merupakan hal yang mungkin
tidak biasa, tetapi di TDB dimungkinkan dan memang menjadi sangat nyaman
untuk bercengkrama dengan teman atau keluarga sambil menikmati makanan yang
kita pesan.

Konsep TDB adalah pool lounge & resto tetapi pada akhirnya TDB lebih
terkenal sebagai tempat untuk bermain bilyar. Untuk itulah mereka
memodifikasi hampir semua menunya untuk lebih mengangkat citra sebagai
tempat makan yang enak, nyaman tetapi tidak mahal untuk orang-orang di
Semarang.

Menu pertama yang saya coba adalah Nasi Tiada Maaf. Untuk pecinta kuliner
yang menyukai masakan pedas pesanlah nasi tanpa maaf. Bentuknya seperti nasi
goreng yang ditemani empal yang mantap rasanya plus rasa yang bener-bener
tanpa maaf (baca puedes sekali). Kedua kali saya makan disitu, nasinya sudah
tidak terlalu pedas, mungkin karena masukan dari penikmatnya. Tetapi kalau
kamu memang ingin yang pedas sekali, minta saja sebelum pesanan dibuat.

Yang kedua Tahu Gejrot. Dari pertamakali coba menu ini langsung jadi favorit
saya. Tahu Gejrot merupakan makanan kecil khas dari Kota Cirebon. Tahu
Gejrot disajikan dalam piring tanah liat yang kecil dan aslinya memang
disajikan seperti itu di cirebon. Di Kota Cirebon Tahu Gejrot dijual oleh
penjual keliling yang membawa pikulan.

Rasanya agak pedas sedikit asam dan manis. Pas banget buat saya yang tidak
terlalu menyukai masakan pedas. Sekarang hampir kalau ke TDB pasti memesan
Tahu Gejrot. Tahunya enak banget, saya tidak tahu kenapa tapi yang jelas
tahunya enak banget.

Menu kedua yang menjadi favorit, Ayam Bakar Taliwang. Penyajiannya memang
dimodifikasi agar ayam bakarnya mudah dimakan, karena banyak tamu yang
memesan ketika mereka duduk di sofa. Ayam Bakar Taliwang ini tidak terlalu
pedas, jika kamu suka yang pedas mungkin memesan Ayam Bakar Bumbu Bali lebih
pas. Kedua menu ini hampir mirip penyajiannya dengan bumbu yang berbeda.

Ayam Bakar Taliwang ini disajikan dengan nasi yang sangat panas dan sayur
urap yang segar. Aduh mantebh deh, ayam bakar yang panas disajikan dengan
bumbu dan sayuran yang segar. Mungkin sedikit lama dalam penyajian karena
segala macam menu dibuat ketika dipesan jadi memang fresh from the oven.

Untuk menu minuman, Ice Cappucino jadi andalan pesanan saya disana. Sampai
crew TDB sampai hapal saya mau pesan apa kalau sudah mau minuman. Asli Ice
Cappucino-nya TDB pas banget rasanya. Ya manisnya, ya campuran esnya, ya
rasanya yang light-tidak terlalu keras. Perfecto!!!! Top recommend to try!

Dan kalau membawa banyak teman atau keluarga tentu saja tidak bisa duduk di
sofa, tetapi setting meja makan disana lovely enough untuk menikmati makan
dan minum sambil bercengkrama. Pokoknya tungdeblang tempat makan yang relax.
Kalau belum tahu tungdeblang, restaurantnya terletak di deket AKPOL jadi
mudah untuk dicari.

*Have a lovely monday and enjoy your lunch later*.

Harga:
Tahu Gejrot Rp. 6.000,-
Ice Cappucino Rp. 11.000,-
Nasi Tiada Maaf Rp. 15.000,-