*Our food is guaranteed not to cause pregnancy*. Slogan yang menarik
perhatian saya saat membuka *website* Cabbages and Condoms restoran. Di
Bangkok nanti, saya harus mengunjungi tempat unik ini. Dari namanya saja
sudah menggelitik hati.

Di tengah-tengah kesibukan mengunjungi Thailand Travel Mart, saya dan
seorang teman sengaja memanfaatkan jeda waktu untuk menyambangi tempat unik
ini. Alhasil, berbekal peta kota Bangkok, kami naik *sky train* dari MBK
center dan berhenti di kawasan Sukhumvit.

Kami pun meneruskan perjalanan dengan jalan kaki. Ternyata, tidak susah
menemukannya meski tidak terletak di pinggir jalan.

Kalau Anda membayangkan ada kondom di mana-mana, maka tak salah. Memasuki
area restoran, kami sudah disambut dengan patung manusia super dan
pasangannya dengan baju yang terbuat dari kondom-kondom beraneka warna.

Cabbages and Condoms terdiri dari beberapa bagian, *indoors* dan *outdoors*.
Kami memilih duduk di *coffee shop*. Wow, begitu masuk ke dalam, hampir di
setiap sudut ruangan bertebaran kondom dalam berbagai bentuk.

Sebut saja. Kap lampu, alas meja, keset, patung Sinterklas, Superman, poster
aneka jenis kondom dari mancanegara, dan pernak-pernik yang memang sengaja
dirancang dari kondom. Bahkan tersedia kondom di beberapa nampan yang bisa
diambil gratis dengan jumlah suka-suka. Semua itu untuk mendukung
program *family
planning*. Saya serasa di surga kondom.

"*Is it real*?" tanya saya kepada salah seorang pelayan resto, menunjuk kap
lampu kondom.

"*Yes, but without oil*," jawabnya sembari senyum-senyum. Ah, *i see,* pikir
saya.

*Eits*, jangan berburuk sangka dulu. Bukan tanpa tujuan sang pemilik
menyediakan kondom di mana-mana. Restoran ini adalah bagian dari organisasi
nirlaba di Thailand, The Population and Community Development Association
(PDA), dengan program antara lain kesadaran akan *family planning* (keluarga
berencana), khususnya pada masyarakat pedesaan dan pencegahan HIV/AIDS
mengingat tingginya penyebaran penyakit tersebut di Thailand.

Dengan memasyaratkan penggunaan kondom, sang pemilik percaya kesadaran
masyarakat akan *family planning* semakin tinggi. Seluruh pendapatan
restoran ini akan disumbangkan untuk keperluan program-program PDA.
*Interesting,
isn't it? *

Setelah menikmati keunikan desain kondom di setiap sudut ruangan, saya
melihat-lihat menu yang ditawarkan, aneka masakan Thailand: Chicken in Herb
Leaf Bikini (ayam goreng bungkus pandan), Tom Yam atau Gung Obb Mapraow On
(udang dimasak dengan santan kelapa yand disajikan di dalam batok kelapa).
Tiba-tiba perhatian saya tertuju pada menu spesial, Yum Tung Yang alias
Condoms Salad (*tung yang *dalam bahasa Thai adalah kondom).

Jangan salah, menu ini tidak mengandung kondom sedikit pun, tetapi merupakan
salad istimewa yang menjadi andalan tempat ini, jadi nama kondom diambil
sesuai dengan nama restoran Cabbages and Condoms. Pasti, saya tidak
melewatkan mencicipi salad khas yang satu ini.

Salad berisi bakmi Shanghai (berwarna putih berbentuk lonjong dan bulat),
udang, potongan ayam, irisan tipis wortela berganti-ganti saya nikmati. Rasa
nano-nano di lidah yang sedap dan segar, apalagi disantap di tengah teriknya
Bangkok siang itu.

O ya, sembari menunggu pesanan tiba, saya sempat mampir di toko
*handicraft*yang menjual aneka souvenir unik. Keset kondom, kaus
bertemakan
*safe sex*, pin kondom, hiasan bunga yang terbuat dari kondom, dan gantungan
kunci yang sarat dengan pesan-pesan *safe sex*. Saya pun membeli beberapa
gantungan kunci, salah satunya bertuliskan* In Rubber We Trust*. Lucu kan?

Sayang, kami tidak bisa berlama-lama di sana. Sebab, undangan makan malam
sudah menanti, sementara jarak yang harus ditempuh cukup jauh, sekitar satu
jam kalau tidak terjebak kemacetan lalu lintas Bangkok. Duh!!

*So*, kalau ke Bangkok, jangan lupa mampir ke tempat yang satu ini,
menyantap makanan, menikmati aneka kondom, sekaligus beramal....

--
Aldo Desatura (R) & (c)
62.0817.19.40.50