Kabar Internasional
Jacko Dimakamkan Secara Islam?
Selasa, 30 June 2009 08:42 WIB

Jakarta, (tvOne)

Kematian hingga pemakaman "King of Pop" Michael Jackson yang meninggal
pada Kamis 25 Juni 2009 siang waktu Amerika (Jumat pagi waktu
Indonesia Bagian Barat) di Rumah Sakit Los Angeles, hingga kini masih
sarat kontroversi, sama seperti hidupnya.

Seperti dilansir dari VIVAnews.com, Selasa (30/6/2009), sebuah
pertanyaan publik yaitu upacara agama apa yang mengantarkan Jacko ke
alam keabadian? pertanyaan menguat saat sebuah tayangan televisi
menunjukkan jenazah Jacko hanya ditutup kain kafan ketika diturunkan
dari helikopter menuju sebuah ambulan, seperti perlakuan jenazah
seorang muslim.

Spekulasi Jacko akan dimakamkan secara Islam cukup berdasar. Pasalnya,
kabar Jacko menjadi mualaf terdengar sejak akhir tahun 2008. Seperti
dikutip laman berita Mail online, 21 November 2008. Jacko menyatakan
menjadi mualaf di rumah seorang rekannya di Los Angeles. Dalam proses
tersebut, Jacko duduk bersila di lantau, mengenakan peci, dan melalui
seorang imam Jacko dibimbing mengucpakan kalimat syahadat. Jacko
kemudian memilih nama Mikaeel dari pada memilih nama alternatif
lainnya, Mustafa.

Menurut The Sun, seorang sumber mengatakan, niat Jacko menjadi mualaf
karena didorong penulis lagu asal Canada, David Wharnsby dan Phillip
Buba yang juga mualaf. Wharnsby dan Buba kepada Jacko mengaku Islam
membuat mereka merasa menjadi manusia yang lebih baik.

Di keluarga Jacko, Jacko bukan orang pertama dalam keluarganya yang
menjadi muslim. Kakaknya, Jermaine Friday lebih dulu masuk Islam pada
1989. Jermaine menunaikan ibadah haji di tahun 2008.

Jermaine mengatakan, Jacko sudah menunjukan ketertarikan pada Islam
sejak Jermaine berganti agama pada 1989. Penyanyi 'Black or White' itu
makin tertarik pada Islam setelah terjerat kasus pelecehan seksual
pada 2005. Seiring dengan berlalunya waktu membuat Jacko makin butuh
pegangan. Apalagi secara dia bertubi-tubi dia didera masalah finansial
dan emosional.

"Ketika pulang dari Mekah, saya memberinya banyak buku. Dia juga
banyak bertanya tentang agama saya. Saya bilang katakan pada dia Islam
adalah agama yang penuh kedamaian dan indah," kata Jermaine.

Jacko membaca semua buku-buku itu. "Dia mengatakan dia bangga karena
saya telah menemukan sesuatu yang membuat hidup saya lebih kuat dan
tenang," tambah Jermaine.

Di dunia muslim, Jacko menempati posisi istimewa karena kabar bahwa
dia sudah masuk Islam.  Tak ayal, kepergian Jackson yang tiba-tiba
juga mengguncang penduduk di negara-negara Islam, khususnya Bahrain,
tempat dia mengungsi saat didera kasus.

"Semoga Allah mengampuninya. Dia adalah orang Bahrain, karena dia
pernah tinggal bersama kami di sini," kata Jassim Ali, seorang warga
Bahrain seperti dikutip dari AP, 28 Juni 2009. ed

Source:
http://www.tvone.co.id/berita/view/17029/2009/06/30/jacko_dimakamkan_secara_islam
/ 02 Jul 2009 03:22:16

Kirim email ke