KA Banjar-Senen Dibuka Agustus

BANDUNG, (PR).-
Agustus mendatang, PT Kereta Api Daerah Operasional (Daop) 2 Bandung
akan membuka rute Banjar-Ciamis-Tasikmalaya-Bandung-Pasar Senen.
Segmen pasar yang dibidik adalah pedagang di daerah agar dapat
mengoptimalkan usahanya.

Rute baru sepanjang kurang lebih tiga ratus kilometer ini akan dapat
ditempuh dalam waktu 6,5 jam dengan satu kali keberangkatan setiap
hari. "Sebetulnya, pembukaan rute baru ini merupakan permintaan dari
Wali Kota Banjar, Bupati Tasikmalaya, dan Residen/Bakorwil III
Priangan. Hingga saat ini, kami masih melakukan pembahasan untuk
menentukan tarif kereta serta perhitungan besaran investasinya. Rabu
depan, kami diundang Residen Priangan untuk membicarakan teknis
operasional jalur kereta baru ini," ujar Kadaop 2 Bandung, Yayat
Rustandi, ketika ditemui selepas pembukaan festival kuliner di Stasiun
Bandung, Jumat (17/7).

Menurut dia, sebanyak 4 kereta bisnis dan 2 eksekutif akan melalui
jalur yang biasa digunakan KA Parahyangan. Yayat mengutarakan,
pihaknya tidak melakukan investasi untuk mengadakan kereta baru. "Kami
hanya menggunakan kereta existing dan jumlah tersebut masih bisa
berubah bergantung pada permintaan masyarakat," ujar Yayat.

Ia lantas mengatakan, target okupansi penumpang dalam satu minggu
pertama bisa mencapai enam puluh persen. "Saya melihat potensi pasar
di rute ini cukup bagus dengan banyaknya masyarakat Banjar dan
sekitarnya yang berprofesi sebagai pedagang. Mereka membutuhkan akses
ke Jakarta untuk lebih mengembangkan usahanya," ucap Yayat.

Yayat mengatakan, tarif kereta rute ini tidak akan lebih murah
daripada kendaraan umum lainnya, seperti bus eksekutif. "Untuk rute
ini, kereta yang kami gunakan adalah kelas bisnis dan eksekutif. Tentu
kami menginginkan perolehan keuntungan. Jika tarif kereta lebih kecil
sekitar enam puluh persen daripada tarif bus, kami akan rugi besar.
Meski saya belum bisa menargetkan pendapatan, saya harap rute baru ini
bisa break even point sesegera mungkin karena biaya operasionalnya
juga besar," ungkap Yayat. (A-176)***

Cite: http://newspaper.pikiran-rakyat.com/prprint.php?mib=beritadetail&id=87407

Kirim email ke