5 Dessert yang 'Highly Recommended' di Bandung
Oleh Zahra Fatimatuz

Saya dan teman-teman saya suka banget makan. Suatu hari, kita lagi
pengen banget makan dessert, tapi ga mau di mall. Selain parkirnya
mahal, makannya mahal, udah bosen juga, jadi perlu tempat baru. Jadi
dimulailah perburuan tempat dessert di Bandung, ternyata hasil buruan
kami enak-enak. Sampai sekarang yang udah saya dan teman-teman saya
temuin adalah:

1. Rasa Ice Cream and Bakery
Kalo
ngomongin kue atau dessert kayanya sulit untuk nggak nyebut tempat ini.
Waktu saya tanya ke paman saya yang suka makan juga, dia dengan
langsung  menyarankan kami kesini. Ini salah satu dari tempat makan
antik yang masih ada di Bandung. Pertama bukanya dari setengah abad
lebih yang lalu dan lokasinya juga masih ditempat yang sama.

Disini kita bisa beli ice cream homemade berbagai rasa. Bisa beli es
krim per scoop atau beli menu ice cream fusion kaya Banana. Menu es
krim macem-macem,  rasaya pun macem-macem. Yang unik, ada rasa pisang.
hehe, tapi jangan salah rasa pisangnya enak loh, nggak eneg. Waktu saya
kesana saya ngobainnya Belgian Waffel, dan puas deh makannya, soalnya
dapet eskrim (bisa milih) dua scoop, whipped cream, wafel, dan pake
saus coklat.

Kalo lagi ga pengen makan yang dingin-dingin tapi
pengen dessert, disini banyak kue-kue yang bisa dipilih. Saya saranin
banget buat cobain kue Marsepan apa Marspan gitu, err…namanya susah
sebenernya…tapi pokoknya kue bolu yang dilapis pake gula kacang. Gula
kacangnya ada yang warna hijau sama merah tapi rasanya sih sama aja.
Dan sensasi rasanya oke deh, jadi kaya makan lembaran gula, tapi kerasa
banget kacangnya.

Cobain juga Coconut Royale, Es Kopyor Spesial,
dan Tutti Frutti sebagai es krim yang paling kuno dan yang dijagokan
oleh toko ini.

Alamat : Jl. Tamblong No.15, Bandung
Working Hours : 09.00 - 19.00
Harga : 10.000 - 25.000

2.The Strudels Factory House & Cafe
Tempatnya
ada di jalan Progo 13A, pintu depannya kecil dan agak masuk kedalam.
Kalo datengnya malem pelan-pelan ya masuknya,soalnya saya pun nemunya
nggak sengaja (kebetulan lewat dan saya bilang ke temen-temen saya “eh
itu kayanya gambar kue deh, cobain yuk…”).

Disini
spesialitynya kue strudels, yaitu kue dari Austria. Jadi lapisan pastry
ditumpuk, terus diantaranya dikasih filling/isi. Makannya emang mesti
anteng sih, biar nggak berantakan. Karena lapisan-lapisan pastrynya
tipiiss dan ringan. Tapi seru sambil makan sambil nebak isinya dimana
lagi,hehe. Yang direcommend  sama tokonya sendiri  adalah Apple
Strudel. Jadi lembaran pastry yang bagian tengahnya dikasih filling
apel dan ada potongan apelnya juga, dan disiram vla.  Kalau nggak suka
apel, macem-macem kok pilihannya, ada rhum raisin, blueberry,
strawberry, dll. Dessert ini masih belum banyak yang tau, kalah lah
sama cheesecake popularitasnya, tapi perlu banget buat dicobain.

Selain
strudels disini juga nyediain cake kaya Tiramisu, Opera, dan
sebangsanya. Yang bukan strudel saya nyobain yang Apple Pie, lucu deh
rasanya. Apple pienya hangat, terus dikasih ice cream, jadi pas dimakan
didalem mulut ada dua suhu, hehe. Oh iya, disini juga disaranin cobain
minuman-minumannya, Strawberry Ice Tea yang pake potongan stroberi dan
sorbet stroberi, atau Lemon Ice Tea yang pake sorbet lemon, segeerr.
Harga strudel, cake, dan minumannya sekitar  15ribuan. Foto disamping
diambil dari http://www.bakeryindonesiamag.com

3. Toko Coklat
Kalo ini, seperti namanya,
khusus jualan segala macam tentang coklat. Mulai dari minuman, kue,
sampai coklatnya sendiri. Variasi coklatnya macem-macem, ada Truffle,
ada Praline, yang suka coklat bisa panik deh kalo disini. Coklatnya
kaya coklat-coklat bermerek yang sering kita liat di toko-toko, dan
dibungkus pake foil warna-warni. Semuanya homemade (jadi bungkusnya
juga manual kayanya).

Disini
coklat-coklatnya ada yang bisa dibeli per butir (harganya rata-rata
4500/butir) ada yang bisa dibeli per kotak, ada yang bisa dibeli di
kotak yang udah dihias2 lucu. Bisa untuk hadiah.

Selain coklat
disini juga nyediain cake, harga cakenya sekitar 15 ribuan. Saya
nyobain yang Chocolate Nougat Cake, seperti nama tokonya, coklatnya ga
pelit sama sekali. Temen saya nyobain Almond Cake dan itu juga enak,
lembut dan pas manisnya. Sama temen saya dipake buat nyogok neneknya
karna pulang lewat jam 9 dan berhasil loh! Menu lainnya juga ada ice
cream home-made, dan minuman-minuman. Ice creamnya pilihannya lumayan,
dan saya nyobain yang Chocolate Fugde, nyaammmm enak banget masih ada serpihan
coklatnya…hehe (ih ketauan banget saya rakus ya).

Selain
coklatnya banyak, displaynya rapih dan bagus. Dan bangunannya unik,
atapnya tinggi dan transparan. Kaya melancong keluar negeri deh
pokoknya.

Alamat : Jl.Cimanuk no.5
Working Hours : 8.30-19.30.
www.tokocoklatbandung.com

Baca dan lihat foto selengkapnya disini atau masuk ke www.mahanagari.com

Baca juga tulisan seputar Bandung lainnya berikut ini :
Siapa Manusia Tertua di Bandung?
Asal Usul Grootepostweg alias Jl. Asia Afrika
Hantu Nancy-Cerita dari HBS Bandung
Dago Pakar Ternyata Banyak Ceritanya!
Menyusuri Taman-Taman dan Perumahan Tempo Doeloe di Kota Bandung
Sepeda Subuh, Menikmati Bandung Dalam Hening Pagi
4 Toko Buku Keren di Bandung

Mahanagari - Bandung Pisan
http://www.mahanagari.com
http://mahanagari.multiply.com