*'gini lho ya...*
*
*Seandainya* sheet excel 2003 anda *bukan* berisi 65536 baris tetapi HANYA
10 baris
dan di baris ke 9 di salah satu cell-nya sudah berisi data;

maka ketika anda *menyisipkan 1 baris baru* di bawah baris 2
yang terjadi adalah
baris yg dulunya bernama baris 3 menjadi (pindah ke) baris 4
baris yg dulunya bernama baris 4 menjadi (pindah ke) baris 5
dst
tetapi baris terakhir yaitu baris 10 (yg kebetulan kosong) tidak punya
tempat bergeser kebawah,
dan tentu saja harus LENYAP
ya ndak pa pa,  wong cuma baris kosong !!! excel tidak perlu memunculkan box
peringatan..

*tetapi seandainya* anda menyisipkan 2 baris baru di bawah baris 2
maka yg terjadi
baris yg dulunya bernama baris 3 menjadi (pindah ke) baris 5
baris yg dulunya bernama baris 4 menjadi (pindah ke) baris 6
baris yg dulunya bernama baris 9 dan 10 harusnya lenyap
(karena di bawahnya tidak ada lagi tempat untuk bergeserrrr)

tetapi berhubung di salah satu cell di baris 9 ADA DATANYA
maka Excel tidak semena-mena:
sebelum MELENYAPKAN DATA (di baris 9) dia memberi peringatan dulu seperti
box peringatan
yang pak mansyah ceritakan itu

Lha sekarang, monggo, data di baris 9 itu mau dibiarkan lenyap atau "ndak" ?

Kesimpulannya:
*Sebelum* menyisipkan baris (bisa juga kolom) yg bisa *berakibat menggeser
data keluar dari Sheet*
anda harus SENGAJA menghapus data tsb.   Mauknya Excel = begitu !

2010/8/23 maman hermansyah <hermansyah_ma...@yahoo.com>

> dear para pakar excel mo tanya nich, kenapa begitu mau saya insert kolom
muncul pesan
> seperti terlihat dibawah dalam lampiran.. yang mau saya tanyakan bagaimana
solusinya ya
> atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih
>
> salam
> maman h

Kirim email ke