Berarti..
Terpaksa setiap detik pak Wa2 harus menekan tombol F9 (ReCalculate),
barulah jam digital (maupun analog = bisa dibuat dengan Chart) bisa "JALAN"

Padahal ei Excel FORMULA/RUMUS tidak dapat menghasilkan TINDAKAN
(misal: tidak ada rumus untuk memencet tombol F9, atau mewarnai cell, dsb)
Secara umum, Formula/Rumus  hanya mampu menghasilkan DATA.

Tetapi "yang namanya" Excel itu punya tempat (module) untuk menuliskan kode
perintah²
yg dapat dilaksanakan oleh Excel
Bahkan perintah itu dengan sekali tulis dapat diatur agar mengulang
sendiri, seara
terbatas bersyarat maupun tak terbatas / tak bersyarat sampai dihentikan
oleh penggunanya.

Kemudian, konon ceritanya, sekumpulan perintah itu bisa "DISURUH" jalan,
atau dengan
kata lain perintah² itu DISURUH "MENYURUH Excel" agar menjalankan isi
rekaman
perintahnya tadi.

Kita misalkan isi perintahnya sbb:

*KELOPOMPOK PERINTAH PERTAMA*
- Jika "Tombol tertentu" tidak dipencet maka Jalankan KELOMPOK PERINTAH
KEDUA

*KELOMPOK PERINTAH KEDUA*
- Tekan F9 (Recalculate)
- Sedetik lagi Jalankan KELOMPOK PERIHTAH PERTAMA

Maka terjadilah dua kelompok perintah (sering disebut sbg *Prosedur
/SubRutin atau Makro*)
yang *saling memanggil* secara bergantian terus menerus tanpa henti..
Dan akal-akalan inilah yg akan menimbulkan effek JAM -nya Jalan.

Begitulah kira-kira,,,,

Wassalam,
~Rara

isi Module1 berisi VBA Code sbb

'------------------------------------
' Rara Wilis
' Semarang, 5 Jun 2012

Teruskan As Boolean
*
*
*
*
*Sub TombolSETART_DiKlik()*
Teruskan = True
Call Mulai
End Sub

*Sub TombolSETOP_DiKlik()*
Teruskan = False
End Sub

*Sub Mulai()*
DoEvents
If Teruskan Then Call Pengulang
End Sub

*Sub Pengulang()*
Range("C5").Calculate
DoEvents
Application.OnTime Now + TimeValue("00:00:01"), "Mulai", , Teruskan
End Sub