Dear Fandi,

Jika belum punya, silahkan file dari Mr Roni dipakai,

Jika ada kesulitan, tanyakan ke forum satu demi satu,

Milis kita ini milis belajar excel, kita sama-sama belajar,

Master-master disini akan dengan senang hati menjawab pertanyaan yg
diajukan,

Intinya tidak akan ada program jadi,

Jika ingin program sistem payroll jadi bisa dibeli softwarenya, mungkin
dari tempat lain.

Nah, jadi tidak perlu bingung ya.

Buatkan dulu excel nya, gak perlu diisi formula2 rumit dulu atau bisa juga
ambil contoh dari Mr Roni.

Atau boleh juga Anda buat file excel yang datanya gak asli (data contoh
saja).

Kemudian apa yang ingin dihitung?

Dimana kesulitan atau problemnya? contoh : Jika di sel F4 ingin hasil pajak
Pph21 pake formula apa ?

Tanyakan satu-satu yaa….supaya master2 bexcell gak bingung mau jawab apa

Hehehehe…..

Salam belajar excel,

Ade