Wa'alaikum salam wa rahmatullah wa barakatuh ...

Bacaan dzikir pagi dan petang ada banyak. Ada yang dibaca sekali, tiga kali
dan ada yang 100 kali. Baiknya Anda membaca buku di bawah judul "Dzikir Pagi
dan Petang dan sesudah Shalat Fardhu", oleh Ust. Yazid bin Abdul Qadir
Jawas, Pustaka Imam Asy Syafi'i. Afwan saya kerepotan kalau harus
menuliskannya. Bukunya ukuran buku saku, jadi gampang dibawa kemana mana.

Tentang bilangan dzikir yang jumlahnya lebih dari 100 ini, perlu kita simak
lebih jauh.
Berkata Ust. Abdul Hakim bin Amir Abdat setelah membawakan beberapa hadits
dalam kaitannya dengan dzikir yang lebih dari 100 kali,
"Kiranya cukuplah empat hadits di atas sebagai dalil dan hujjah yang kuat
dan terang bagi kami buat mengatakan bahwa sebanyak banyaknya bilangan
dzikir yang TERTENTU yang Nabi shallallahu'alaihi wa sallam telah ajarkan
umatnya dari hadits hadits yang SHAHIH, jumlahnya tidak lebih dari SERATUR
KALI." (Abdul Hakim bin Amir Abdat, Al Masaa il I, Darus Sunnah, Cet V, 2005
M, hal. 166).

Catatan: Yang seratus kali itu pun harus ada dasar yang jelas dari Sunnah
Nabi.

Bila seseorang menghitung dzikir dengan jumlah tertentu yang banyak sekali
dengan tidak ada dasarnya dari hadits yang sah, maka bisa masuk pada bid'ah.
Kemudian bagaimana orang tsb menghitung dzikirnya? Bisa jadi dia akan
terbawa pada bid'ah berikutnya, yaitu berdzikir dengan biji bijian tasbih.

Wassalamu'alaikum

Abu Isa Hasan Cilandak
Independent IT Writer