Belajar Goblok Dari Forrest
Gump<http://semarbagongpetrukgareng.blogspot.com/2009/07/belajar-goblok-dari-forrest-gump.html>
 by Made Teddy Artiana, S. Kom
*photographer & company profile developer
*

Novel karya Winston Groom ini akhirnya sukses besar setelah diangkat
kesebuah layar lebar. Forrest Gump, film di tahun 1994, berhasil menggondol
enam penghargaan dari Academy Award. Sepintas lalu kesan yang kutanggap
ketika pertama kali menonton film ini adalah : aneh, lucu, ngawur. Dan
memang benar adanya.

Film ini bercerita tentang seorang pemuda idiot, bernama Forrest Gump
–diperankan oleh Tom Hanks- yang akhirnya mendapatkan
keberuntungan-keberuntungan hidup yang luar biasa, justru karena
keidiotannya. Kebodohan Forrest begitu nampak tidak hanya dari mimik wajah,
bahasa tubuh dan kejadian-kejadian konyol dalam hidupnya. Tidak hanya itu,
sang sutradara Robert Zemeckiz, juga merasa perlu untuk menyisipkan sebuah
dialog unik yang selalu berulang.

*“Are You stupid or something ?”*

Demikian pertanyaan yang sering dilontarkan lawan bicara Forrest, tentu
lengkap dengan ekspresi sinis atau kening berkerut atau aneh. Untungnya
Forrest yang memiliki seorang ibu yang begitu luar biasa, telah dilengkapi
sebuah jawaban pamungkas-yang besar kemungkinan sebenarnya juga tidak
dimengerti olehnya.

*“Stupid is as stupid does”
*
Kebodohan itu tergantung perbuatannya, kira-kira demikian.

Herannya meskipun sangat tolol, ia selalu saja beruntung. Hidup Forrest
seakan sebuah mata uang, memiki dua sisi yang berlainan. Kebodohan disisi
yang satu, dan “keajaiban” disisi yang lain.

*“Miracle happen everyday”,* begitu kata ibunya.

Waktu kecil, Forrest yang sebenarnya memiki kelainan di kedua kaki nya,
harus menggunakan sebuah alat bantu berjalan, yang membuat Forrest seolah
sebuah robot aneh. Suatu saat, beberapa anak nakal melempari Forrest dengan
batu, sambil meneriakinya “Bodoh !”. Jenny sahabat Forrest menyuruhnya
berlari. “Run..Forrest..Ruuuuuuunnnnn !!!!” . Forrest menurut. Dengan susah
payah ia berusaha berlari. Dan keajaibanpun terjadi. Alat bantu berjalan
berupa besi yang melingkari kedua kakinyapun, terlepas dan hancur
berkeping-keping. Forrest berlari, tanpa tersusul oleh ketiga lawan nya
meskipun mereka bersepeda. Sejak saat itu Forrest tidak hanya dapat berjalan
normal, tetapi juga berlari secepat angin.

Kejadian yang sama terjadi ketika Forrest dewasa. Tiga orang pemuda
melemparinya dengan batu, meneriakinya bodoh. “Run..Forrest Ruuuunnn!”.
Adegan berulang. Hanya saja seekarang Forrest lari tunggang langgang bukan
dikejar sepeda, tetapi mobil ! Tiba-tiba saja ia berbelok da melintasi
sebuah lapangan yang didalamnya tengah berlangsung pertandingan American
Football. Forrest berlari disela-sela pemain, bahkan melewati seorang pemain
yang tengah berlari memegang bola. Semua orang tercengang. Bukan hanya
karena kecepatannya berlari, tetapi lebih karena kebodohan Forrest. Baru
kali ini seseorang berlari demikian tidak perduli, melintasi suatu
pertandingan. Keajaiban terjadi kembali. Salah seorang pelatih merekrut
Forrest menjadi pemain. Forrest menjadi bintang lapangan. Bintang lapangan
yang aneh. Ia akan terus berlari tidak terkendali dan tanpa pernah tahu
dimana harus berhenti. Forrest mendapat beasiswa, dan menamatkan college,
hanya dengan cara sesederhana itu.

Forrest kemudian memutuskan untuk mengikuti wamil. Menjadi tentara. Ia dan
sahabatnya Bubba dikirim berperang ke Vietnam. Pada suatu saat pasukan
mereka disergap oleh tentara Vietkong. Tiba-tiba seseorang berteriak
“Ruuuunnnn!”. Forrest berlari tanpa memperdulikan sekitar. Hanya berlari.
Ternyata sebagian besar dari mereka tewas, sedangkan Forrest hanya tertembak
di bagian pantatnya saja. Keajaiban terjadi lagi. Ia berhasil menyelamatkan
beberapa rekannya., termasuk Leutenant Dan, yang akhirnya menjadi patner
bisnisnya dikemudian hari. Untuk itu negara menganugerahinya penghargaan.

Begitu seterusnya. Kebodohan dan keajaiban itu selalu berpasangan hingga
akhirnya Forrest memiliki perusahaan besar, menikah dengan Jenny, bahkan
memiliki anak yang cerdas. Tidak sama dengan ayah nya.

Mungkin film itu terlalu menyederhanakan sesuatu dan melebih-lebihkan yang
lain. Tetapi terus terang Forrest Gump begitu membekas dihatiku. Aku mungkin
tidak sebodoh Forrest, tetapi menghadapi hidup yang misterius membuat aku
seringkali tersesat disuatu sisi, dan tersadar telah melakukan kebodohan.
Strategi basi. Mengambil tikungan yang ternyata buntu. Mengantri dibarisan
yang keliru. Dan itu terus terulang. Untunglah disetiap kebodohanku ada mata
uang lain bernama “keajaiban” yang selalu menolong hidup. Mengangkatku dari
labirin, Menjadi jembatan disebuahjalan yang terputus. Entah apa jadinya
jika TUHAN mendesain hidup ini tanpa sentuhan keajaiban.

Aku rasa kehidupan ku, di mata TUHAN, tidak jauh berbeda dengan Forrest
Gump. Sama-sama bodoh. Sama-sama tidak mengerti. Hanya saja ada sebuah
perbedaan besar disini. Forrest tidak pernah mengklaim karena “aku”, malah
ia selalu menggunakan kata “and just like that…” atau dengan kata lain
“bukan aku”, tetapi sesuatu di luar sana. Sesuatu yang berada jauh mengatasi
logika. Tetapi aku…ehmmm sebaliknya. Aku begitu sering menampilkan
seolah-olah semua keberhasilan ini karena otak ku. Karena kecerdasanku,
karena banyaknya buku yang kubaca, karena strategi-strategi jitu yang sudah
kurancang. Ini adalah kesuksesanku !!! Tanpa menyisakan syukur, terhadap
semua keajaiban yang selalu menopangku. Tidak ada ruang untuk
berterimakasih. Bagaikan membusungkan dada yang keropos oleh TBC.
Benar-benar memalukan.

Aku rasa mereka, orang-orang pintar itu juga mengalami hal yang sama. Hidup
menyembunyikan petunjuk, kemudian rencana-rencana mereka mempermainkan diri
mereka sendiri. Sebagian dari mereka menyembunyikan semua itu laksana aib,
tetapi yang lain, setelah mereka sukses, kaya dan makmur mempertontonkan
semua itu sebagai bahan pelajaran buat yang lain. Seolah-olah mereka
berhasil mengatasi semua itu dengan kekuatan mereka sendiri. Dan
peramal-peramal itu tak jauh beda. Mereka hanya bisa menerawang, berkicau
tentang hidup orang lain. Si J akan meninggal. Bencana begini akan terjadi.
Musibah itu akan terjadi. Kamu cocok nya di air. Kamu di udara. Dan
seterusnya. Tetapi cobalah bertanya tentang apa yang akan terjadi pada hidup
mereka sendiri. Tentulah mereka hanya bisa diam membisu, karena semua itu
tersembunyi bagi mata mereka.

Ah…hidup memang menjadi demikian memusingkan terutama jika aku membiasakan
diri menghadapinya hanya dengan otak semata-mata. Untunglah TUHAN memberikan
sebuah senjata lain, yang jauh lebih dahsyat. Hati. Dengan hati, aku tahu
bahwa aku tidak akan pernah berjalan seorang diri. Dengan hati, hidup terasa
begitu indah. Dengan hati pulalah hidup menghadirkan sentuhan-sentuhan penuh
keajaiban.

Terima kasih “keajaiban”…terima kasih sudah menutupi “kebodohan” ku
sedemikian lama.

***

with friendship, respect & blessing
Made Teddy Artiana, S. Kom

"Follow effective action with quiet reflection.
>From the quiet reflection will come even more effective action."
(Peter Drucker)

T J A M P U H A N
company profile developer

[ My Photography PORTFOLIO ]
# Commercial Photography #
http://companyprofile.multiply.com
http://withbobsadino.multiply.com

# Wedding Special Photography #
Pernikahan Agung Puteri Sri Sultan Hamengku Buwono X
GRAJ Nurkamnari Dewi & Jun Prasetyo MBA
http://nurkamnaridewi.multiply.com

# Wedding Photography #
http://candidwedding.multiply.com
http://weddingcandid.multiply.com
http://prewedding.multiply.com
http://prewedding1.multiply.com
http://prewedding2.multiply.com
http://prewedding3.multiply.com
http://outdoorprewedding.multiply.com
http://weddingceremony.multiply.com

# Jurnalism Photography #
http://fotojalanan.multiply.com

# Blogger #
http://semarbagongpetrukgareng.blogspot.com

[ CONTACT US ]
Esia. 96202505
Flexy. 70820318
m. 0815 740 900 80 - 0813 178 227 20
email. teddyartiana_photogra...@yahoo.com

--

> [...]

http://withbobsadino.multiply.com

# Wedding Special Photography #
Pernikahan Agung Puteri Sri Sultan Hamengku Buwono X

Kirim email ke