Makna sabar

By: agussyafii

Tono baru dua hari kerja di sebuah perusahaan asing, Tono sempet menelpon ke
bagian dapur sambil berteriak, 'Ambilkan gue kopi... cepaaaaat!' Ternyata
jawaban dari balik telepon tidak kalah keras dan marahnya. 'Hei bodoh... kamu
salah pencet extention? Kamu tahu dengan siapa kamu bicara?' 'Tidak.. ' sahut
Tono.

'Saya direktur utama disini. Saya pecat kamu nanti!' teriak Sang Direktur dan
kalah teriak si Tono bales nyahut, 'dan Bapak tahu siapa saya?' 'Tidak.' jawab
Boss. 'Syukurlah kalo gitu' sahut Tono cuek sambil menutup telpon.

Begitulah bila kita cepat marah. Kemarahan dapat membuat seseorang kehilangan
banyak hal. Kemarahan juga dapat membuat kita salah langkah. Maka sebaiknya
kita sabar dan jernih bila menghadapi masalah. Puasa di bulan suci Ramadhan
melatih kita agar bersabar.

sabar adalah tabah hati tanpa mengeluh dalam menghadapi godaan dan rintangan
dalam jangka waktu tertentu dalam rangka mencapai tujuan. Dalam agama, sabar
merupakan satu diantara tangga dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Karena sabar bermakna kemampuan mengendalikan emosi, maka nama sabar
berbeda-beda tergantung obyeknya.

1. Ketabahan menghadaapi musibah, disebut sabar, kebalikannya adalah
gelisah (jaza`) dan keluh kesah (hala`)

2. Kesabaran menghadapi godaan hidup nikmat disebut, mampu menahan
diiri (dlobth an Nafs), kebalikannya adalah tidak tahanan (bathar).

3. Kesabaran dalam menahan marah disebut santun (hilm), kebalikannya
disebut pemarah (tazammur)

4. Sabar dalam menghadapi bencana yang mencekam disebut lapang dada,
kebalikannya disebut sempit dadanya.

5. Sabar dalam mendengar gossip disebut mampu menyembunyyikan rahasia (katum).

6. Sabar terhadap kemewahan disebut zuhud, kebalikannya disebut
serakah, loba (al hirsh).

7. Sabar dalam menerima yang sedikit disebut kaya hati (qana`ah),
kebalikannya disebut tamak, rakus (syarahun).

Wassalam,
agussyafii

---
Senyum menyambut ramadhan, senyum kemenangan adalah senyum amalia. Yuk,
berkenan berbagi senyuman dalam sebuah program 'Senyum Amalia.' Kegiatan
program 'Senyum Amalia' adalah Obrolan Puasa (Opus), Tadarus, Berbuka Puasa
Bersama, Paket Bingkisan Senyum Amalia, akan diselenggarakan pada hari Ahad, 30
Agustus 2009 di Rumah Amalia. Kirimkan dukungan dan senyuman anda di
http://agussyafii.blogspot.com atau http://www.facebook.com/agussyafii atau sms
di 087 8777 12431

Kirim email ke