From: Tantono Subagyo <tant...@gmail.com>
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Sent: Fri, December 25, 2009 3:10:14 PM
Subject: Re: [budaya_tionghua] Re: Extrimisme dalam agama adalah gerakan yang
paling berbahaya. OOT

>Pak Tantono,
> Terima kasih atas pencerahannya,  saya harap pencerahan demikian disampaikan
>juga kepada rekan kita yang berteriak bukan anak ayah dan ibu, tapi saya anak
>Tuhan. Saya sudah jengkel mendengarnya.
>  Dalam penjelasan anda di bawah, maaf ada bagian yang saya tak setuju,
>Penghormatan orang Kristen bukan berarti harus pasang altar, atau bakar
>kemenyan di kuburan.

Saya tidak bermaksud mengejek agama lain atau kepercayaan lain  yang saya
maksudkan disini adalah bahwa penghormatan dan cara sembahyang  yang berbeda
bukan karena yang satu kurang hormat dari yang lain tetapi karena filosofi yang
berbeda, seperti cara menghormat orang Jawa yang berbeda dengan orang Tionghua
maupun orang Jepang, tetapi pada dasarnya sama hormatnya.  Saya juga percaya
akan Bhinneka Tunggal Ika dan penganut pluralisme oleh karena itu saya tidak
mengatakan kalau Katolik begini kalau Kristen begini dengan prasangka.  Kalau
anda dapat menunjukkan Kristen mana yang harus saya teriaki, akan saya
laksanakan dengan senang hati.  Anda adalah yang "dituakan " di milis Budaya
Tionghua ini jadi mohon jangan menulis dengan prasangka.  Salam, Tan Lookay.

Kalimat ini mengandung ejekan kapada agama lain,  sedang saya meskipun Kristen
menganggap semua orang berhak  mempunyai kepercayaan dan agama dengan cara
masing-masing. Maaf saya terlanjur pluralis, yang percaya Bhinneka Tunggal Ika
atau Semua manusia di seluruh dunia adalah saudara.