Pada hari Senin, 18 Juli 2005 13:06, Mustafa Ramadhan menulis:
> Pendaftaran ditolak oleh ccTLD. Alasan nama domain tidak sesuai dengan nama
> perusahaan. Dianjurkan nama yang dipakai adalah pt-big.co.id atau
> ptbig.co.id.
>
> Terhadap masalah ini ada beberapa hal yang mengganjal:

Yups...
Memang tidak adil.

Tapi, saat ini memang ccTLD berhak menentukan singkatan yang tepat bagi
perusahaan anda. Anda tidak punya hak apapun untuk menentukan singkatan atau
akronim perusahaan milik anda sendiri. ccTLD bahkan punya hak untuk
menentukan nama sekolah, nama kota, ibukota propinsi dan lain lain.

Lebih sial lagi, Country Manager untuk domain .id ditunjuk oleh IANA tanpa
batas waktu (untuk jabatan seumur hidup).

So, jika anda menginginkan perubahan, maka hanya ada dua cara:
1. Mengirim e-mail ke IANA agar mengganti country manager .id
2. Berdoa agar country manager .id cepat mati, agar bisa diganti tanpa perlu
ribut-ribut ke IANA.

Cara pertama bisa mempermalukan Indonesia, dan belum tentu berhasil. (Sang
country manager mempunyai teman di IANA lebih banyak dari anda) Jadi tidak
saya anjurkan.

Usul saya, sebaiknya menempuh cara kedua, karena doa dari seseorang yang
didzalimi itu pasti didengarkan Tuhan.

Adi Nugroho

Kirim email ke