surjo >>
> iya deh .. percaya teman - teman bapak ilmuwan interlokal eh
> international maksudnya.., cuma bapak jangan bikin teori aneh - aneh
> dong sampe bilang yesus paulus dan martin luther kreasionis ?
>
> emang ada gitu pak sanggahan mereka terhadap evolusionis seperti yang
> dilakukan morris dkk - nya :))

Sethiadi:
Martin Luther pernah menghitung-hitung usia bumi seperti pernah saya
forward. Perlu diulangi?

Yesus sering siter PL dan selalu menganggap PL benar. "Ada
tertulis........." Memang Yesus tidak secara specifik sebut 6 hari
penciptaan tetapi Yesus tidak pernah koreksi PL. Saya pernah bahas hukum
Taurat dimillis ini. Memang Yesus pernah koreksi aturan-aturan kaum Farisi
yang berkelebihan dan sangat memberatkan jemaat waktu itu dengan aturan
tambahan yang diberikan akan hukum Taurat. Jadi yang dikoreksi Yesus adalah
aturan-aturan tambahan kaum Farisi waktu itu, bukan hukum Taurat itu
sendiri.

P.L. itu sendiri Yesus anggap benar. Praktis semua orang yang beragama
Yahudi dan Kristen sampai pertengahan abad ke-19 tidak meragukan kebenaran
Kejadian 1. Baru akhir abad ke-19, apalagi abad ke-20/21 ada yang sangsikan.

Einstein pada usia 67 menulis sebuah memoir atas permintaan sebuah penerbit.
Ia menulis antara lain bahwa pada usia 12 tahun ia baca beberapa tulisan
ilmiah populer. Dari situ ia tarik kesimpulan bahwa ada beberapa hal di-P.L.
yang tidak benar. Ia tidak sebut yang mana setepatnya, tetapi saya kira soal
Yoshua (geosentris vs heliosentris dan Kejadian 1 vs evolusi). Seperti kita
ketahui, walaupun ia orang Yahudi ia belakangan tidak beragama Yahudi tetapi
Panteis (seperti Spinoza). Saya sendiri pada usia 16 bergumul soal yang itu
dan jadi agnostik (untuk beberapa tahun). Saya kira banyak orang jadi ateis,
agnostik atau panteis atau pindah agama karena soal ini. Itu sebabnya saya
kini berusaha terangkan soal-soal ini.

 surjo >>
> bukan pak, dikalangan atas orang sudah bisa membedakan mana agama mana
> ilmiah, ngak dicampur aduk, ngak kayak bapak ini lho.

Sethiadi:
Yang mulai campur aduk adalah kaum evolusionis. Kaum kreasionis menggunakan
cara-cara kaum evolusionis, tetapi dengan asumsi dasar yang berbeda.

Salam. Stanley Sethiadi.