Fajar Priyanto:
> Khusus bagi rekan-rekan cyber-gki, saya dapat membantu membuatkan website
> yang
> sesuai dengan kebutuhan rekan-rekan dan juga sekaligus transfer ilmu
> sehingga
> selanjutnya gereja dapat mengelola websitenya sendiri dengan aktif.
> Terima kasih atas kesempatannya,

Adji:
Wah, pucuk dicinta Pak Fajar tiba nih!
1. "Kebetulan" saya dapat tanggungjawab untuk mengembangkan situs YKB
(www.ykb-wasiat.or.id). YKB adalah badan pelayanan di bawah Sinode GKI
(bukan sinwil).
Salah satu tugas utama YKB --sebagaimana tercermin pada namanya-- adalah
menjadi "media informasi dan komunikasi" antar 3 Sinode Wilayah (Jabar,
Jateng, Jatim).
Prinsip dasar situsnya semacam "one stop shop" (cukup akses ke situs YKB
untuk mengakses informasi di seluruh GKI: Sinode, Sinwil, Klasis, Badan
Pelayanan, Jemaat Setempat, dll).

2. Jika kita bayangkan struktur piramida yang top-down untuk struktur "one
stop shop"; maka dari atas ke bawah adalah sebagai berikut:
a. Paling atas: Sinode
b. Selanjutnya: Sinwil Jabar, Sinwil Jateng, dan Sinwil Jatim.
c. Selanjutnya, di masing-masing Sinwil ada Klasis-klasis dan badan
pelayanannya masing-masing (termasuk PENABUR di Sinwil Jabar).
d. Lalu, di masing-masing Klasis ada jemaat-jemaat setempat.

3. Kemudahan dan pembatasan upload informasi
a. Untuk mengisi informasi di setiap "jenjang lingkup", setiap pihak yang
berwenang di jenjang lingkup yang bersangkutan diberi izin dan diberi
kemudahan (user-friendly).
b. Untuk membatasi pihak yang berwenang dan pihak yang tidak berwenang untuk
meng-upload informasi dibutuhkan password yang berbeda2 dan setiap password
hanya diberikan kepada pejabat formal dan/atau mereka yang dipercaya untuk
mengelola informasi di tiap-tiap jenjang lingkupnya.

4. Singkat kata, saya (/YKB) mau menyontek "model" situsnya PENABUR
(www.bpkpenabur.or.id/). Apakah Pak Fajar bisa membantu?
Detail teknis dari pengembangan situs YKB ini bisa kita bicarakan via japri,
misalnya: berapa mega/giga yang dibutuhkan untuk tahap awal (minimal) dan
berapa yang dibutuhkan untuk tahap selanjutnya dan tahap optimal (maksimal);
apakah perlu pindah dari provider saat ini (cbn), dll?

Thx b4,
Adji