ada penelitian bhw narasi atau cerita lisan sangat menolong
tumbuhnya daya imajinasi anak. rasanya masuk akal.
pengalaman inderawi, visual akhirnya mesti di'bahasakan'
utk dicerna & disimpan.

saya tidak tahu apakah aktifitas berbahasa mirip dng proses coding/
encoding pada perangkat lunak. maksudnya. apakah manusia merekam
ingatan peristiwa atau kejadian dalam bentuk bahasa atau visual.
kayaknya bahasa. sebab orang mudah lupa dng visual. sementara
orang akan mudah mengingat sebuah gagasan yg lebih utuh kalau
kata kunci dari gagasan tsb sudah ditemukan.

kebetulan anak saya sangat suka epik ramayana. diantara
wayang yg dia sukai adalah dasamuka & hanoman. kalau saya
perhatikan bgmn dia memainkan wayang2 tsb, aktifitas berbahasa
tampaknya berkaitan erat dng daya imajinasi. panduannya adalah
cerita utama. tapi bagaimana detailnya adalah kreatifitas
tersendiri. berbahasa adalah upaya melahirkan kembali suatu
pengertian yg telah dimiliki.
kan gak ada tuh dialog spt ini.
" hai dasamuka, emangnya saya takut sama kamu.
kalau berani, sini kamu turun ke sini.." kata hanoman.

mantan menteri emir salim pernah bercerita, pada waktu kecil
dia dididik keras oleh bapaknya utk berbahasa yg tertib dan
benar. ucapan2nya dan kadang dia distrap kalau bertutur tidak
tertib. kemampuan bahasa dia yg komunikatif & sistematis
tampaknya hasil dari didikan yg baik.

nah bagaimana metoda sempoa berperan mengembangkan daya imajinasi
otak melalui visualisasi alat hitung sempoa. ini tidak bermaksud
membandingkan antara narasi vs sempoa.

salam

HBM

--- In cyber-gki@yahoogroups.com, "Mungki Sasmita" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:
> Mas jul tanya lebih lanjut: apakah itu berarti semua kegiatan yang
bersifat
> imajinatif (berkhayal, membayangkan sesuatu dsb) berarti kegiatan yang
> menggunakan otak kanan?
>
> mungki

On Behalf