http://m.inilah.com/read/detail/2027107/ini-tanggapan-dokter-soal-penutupan-saritem
Ini Tanggapan Dokter Soal Penutupan Saritem

Salah seorang dokter bidang Kesehatan Reproduksi (Kepro), Chairul Amri
menilai orang-orang yang bergelut dalam dunia kesehatan lebih senang
dengan adanya tempat lokalisasi, seperti Saritem.
"Kalau orang kesehatan jelas lebih senang dengan adanya tempat
lokalisasi karena bisa mengontrol secara rutin," ujar Chairul kepada
wartawan, Sabtu (7/9/2013).
Chairul yang sebelumnya bekerja di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota
Bandung mengaku rutin melakukan pemeriksaan terhadap Pekerja Seks
Komersial (PSK) di kawasan Saritem sebelum ditutup pada 2007 lalu.
"Dulu semua PSK kan tertuju di sana (Saritem). Kita melakukan kontrol
dan menyuntik rutin untuk mewaspadai penyakit menular. Nah kalau
sekarang mereka menyebar sehingga sulit untuk mengontrolnya," tutur
Chairul.
Chairul yang juga Ketua Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia
(PKBI) Jawa Barat ini menuturkan jika ada tempat lokalisasi, proses
pengawasan bisa lebih terkontrol dibandingkan para PSK beredar di luar
tempat lokalisasi.
"Saya di sini berbicara dari sudut kesehatan. Dulu saya menyuruh
petugas setiap minggunya untuk disuntik. Bahkan yang di luar Saritem
juga mucikarinya kita undang untuk diberikan pengarahan. Sehingga
lebih terkontrol dan bersih," kata dia.
Dia mengatakan, penyakit menular di ruang lingkup PSK sangat rentan
beredar di masyarakat. Chairul mencontohkan, jika satu PSK melayani 15
tamu maka sebulannya bisa mencapai ratusan. "Dan para pelanggan ini
kan sebagian ada yang sudah beristri. Jadi jika menular, kena itu
istri di rumah. Saya khawatir anak istrinya di rumah malah menjadi
korban," jelas dia.

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: