--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Wilson K." <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "jayasentosa_bali"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Salam Sejahtera,
> Mohon Bantuannya, untuk menjelaskan tentang keberadaan Dewi Kwan Im.
> Apakah Dewi Kwan Im pernah hidup sebagai manusia?
> Apakah Dewi Kwan Im termasuk aliaran Buddha atau Tao atau Kongfucu?
>
> TerimaKasih atas penjelasannya
>
> Salam Damai.

Salam sejahtera juga kepada Pak Jaya yth,

Pertama-tama, saya mohon maaf karena saya hanya akan menjawab dengan
sangat singkat saja. Adapun alasannya adalah karena saya kira untuk
bertindak "fair" kepada members yg memeluk Agama apa pun, tidaklah
bijaksana jika kita berdiskusi panjang lebar mengenai topik yg jelas
adalah bahagian dari kepercayaan umat Buddha di forum ini.

Dewi Kwan Im, demikian nama yg dikenal banyak orang di Indonesia,
adalah salah satu Bodhisattva dalam kepercayaan pemeluk agama Buddha.
Untuk penjelasan singkat, mungkin apa yg disampaikan oleh Pak Raden
Mas Danardono Hadinoto sudah lebih dari cukup untuk memahami siapa
Guan Shi Yin Pu Sa ini.

Untuk pembahasan yg jauh lebih detail, mungkin rasa keingin-tahuan Pak
Jaya tentang Avalokiteshvara Bodhisattva ini dapat dipenuhi dengan
lebih detail oleh rekan2 di milis agama Buddha seperti:

Atau beberapa situs yg membahas dan/atau menyinggung tentang
Avalokiteshvara Bodhisattva dan Bodhisattva-Bodhisattva lainnya di:

1. http://en.wikipedia.org/wiki/Bodhisattva
2. http://www.buddhanet.net/e-learning/history/chin_deities.htm
3. http://www.sacredsites.com/asia/china/sacred_mountains.html
4. http://www.tibetankungfu.com/the_8_bodhisattvas.htm

Jika Pak Jaya punya kesempatan untuk berkunjung ke Shanghai (salah
satu favorite stop tour ke Tiongkok), tak ada salahnya untuk coba
meluangkan waktu 1 hari 1 malam berkunjung ke gunung Pu Tuo yang
terletak tidak terlalu jauh dari kota tujuan favorit tersebut. Selain
keindahan pulau tersebut (gunung ini sebenarnya adalah sebuah pulau
kecil), banyak sekali yg akan Pak Jaya pelajari mengenai Dewi Kwan Im
dari tempat ini.

Jika waktunya di Shanghai cukup panjang, tidak ada salah juga
mengunjungi gunung Jiu Hua. Saya tidak akan membahas segi Agamanya,
tapi selain kita dapat mempelajari lebih dalam tentang Kshitigarbha
Bodhisattva, pemandangan alam di gunung ini sungguh sangat luar biasa.
Walaupun ada cable-car, saya memilih untuk mendaki sendiri saat itu
(1999), makan waktu setengah hari untuk mencapai puncaknya, tapi jelas
well worth the time spent. Banyak keindahan yg tak terlukiskan dgn
kata2 sepanjang jalur pendakian tersebut. Pengalaman tsb sungguh
merupakan sebuah kepuasan lahir dan juga batin buat saya.

Sekian saja informasi yg dapat saya bagikan kepada Pak Jaya pada
kesempatan ini. Semoga Pak Jaya dapat menemukan informasi yg Bapak
cari dengan jauh lebih detail dari link2 yg tercantum diatas. Sebelum
mengakhiri, saya ingin berbagi sutra yg menghantarkan Kwan Im mencapai
 "kesadaran"Nya:

GATE GATE PARAGATE PARASAMGATE BODHI SVAHA.

Salam damai,
Wilson Kusumo
--- End forwarded message ---

What would our lives be like without music, dance, and theater?
Donate or volunteer in the arts today at Network for Good!
http://us.click.yahoo.com/WwRTUD/SOnJAA/i1hLAA/UlWolB/TM