Bro Sophian,

Selama kita masih ada 'aku' selama itu pula kita masih akan mengalami
penderitaan.

Walaupun kita buddhist, dan sudah memahami berbagai dhamma, namun selama
masih ada 'aku', seberapa pun besarnya timbunan pengetahuan akan dhamma
kita, kita masih akan tetap mengalami penderitaan.

Pengetahuan tidaklah sama dengan mengalami secara langsung.

Lalu kita bertanya, lalu apakah kita bisa bebas dari masalah? Seorang
yang sudah bebas dari 'aku' nya tetap akan mengalami masalah. Namun
dengan cara pandang yang berbeda (CMIIW-sori, saya juga masih belum
lepas dari 'aku'. Jadi saya cuma menebak2)

Nah, kalau kita mengalami masalah, yang kadang sudah tidak tertahankan,
kita harus bagaimana?
Mengadu ke Tuhan? Para makhluk Alam Brahma ini tentu saja bisa menolong
kita. Ngga ada yang salah dengan itu.

Lalu apakah itu sesuai dengan konsep Buddhist? Lha, kok ngga sesuai?

Mungkin maksud Anda adalah apakah ada cara yang lebih 'berbau' buddhist?

Anda beruntung, banyak Boddhisatva bisa Anda mintakan pertolongan,
dijadikan sandaran, dijadikan pegangan. Bagi kita yang masih memiliki
ke-aku-an, dan masih belum mampu menanggung beban yang terlalu berat
(menurut kita), seperti masalah keluarga, cinta, jodoh, rejeki,
kemiskinan, dll. Para Boddhisatva ini akan membantu, tanpa perlu Anda
kehilangan 'rasa' buddhist Anda. Dengan pertolongan mereka, mungkin kita
akan mendapatkan kondisi yang lebih baik untuk mendapatkan buah dari
boddhicitta.

Beberapa Boddhisatva yang sudah dikenal adalah: Guan Yin
(Avalokitesvara) dan Ksitigarbha

Memang sih kita bisa ngomong "Berlindunglah pada dirimu sendiri". Namun
sama seperti mengatakan : "Mainkanlah lagu Mozart judul lagu x di piano
dengan kunci G, maka anda dengan sendirinya akan merasa rilex, tenang
dan ceria.": Nah kebanyakan orang tidak bisa langsung melakukannya, baik
karna tidak tahu cara memainkan piano, atau bahkan tidak punya piano.
Jadi ngga usah terlalu mengawang-ngawang atau idealis. Beli dulu CDnya
dan nikmati dulu. Suatu saat kita akan bisa memainkan piano dengan lagu
tersebut dengan baik

Beberapa dari kita memang mesti melewati jalan ini, untuk memahami dhamma!

Salam kasih,
Khai

In low income neighborhoods, 84% do not own computers.
At Network for Good, help bridge the Digital Divide!
http://us.click.yahoo.com/hjtSRD/3MnJAA/i1hLAA/UlWolB/TM