Namo Buddhaya,

Sobat-sobat mungkin sudah tahu apa itu namanya PATIMOKKHA secara umum, melalui mendengar, membaca, dan kotbah para Bhikkhu dan Bhiksu. Apalagi sudah dekat-dekat bulan Magha, hampir semua orang membicarakannya (orang-orang yang mengaku pengikut Buddha.

Dari hasil pencarian saya selama ini, saya hanya menemukan sedikit sekali makna dan arti dari PATIMOKKHA.

Arti yang paling mendekati dari PATIMOKKHA yaitu; Pati kurang lebih artinya essence, inti, kadang juga diartikan jiwa, atau atman. Sedangkan Mokkha yang saya temukan memiliki arti Moksa, lenyap atau lebur.

Jadi menurut pendapat saya makna Patimokkha bukanlah suatu aturan, sila, moralitas semata; melainkan suatu latihan yang digunakan semata-mata untuk melenyapkan ego. Maka dari itu jumlah 227 atau 311 dari PATIMOKKHA bukanlah jumlah yang sebenarnya. Bisa saja bagi orang yang memiliki permasalahan dengan batin yang lebih banyak jumlah PATIMOKKHA MENJADI TAK TERBATAS, tapi bagi orang yang memang MEMILIKI PERHATIAN PENUH, MAKA SILA DAN MORALITAS DARI PATIMOKKHA BISA SAJA CUMA SATU.

Bila ada orang yang bangga (sombong) atas pelaksanaan Patimokkha sama saja dengan orang yang tidak melaksanakan, sedangkan orang yang tersadarkan walau terlihat tidak melaksanakan Patimokkha sebenarnya ia melaksanakan.

So jumlah Patimokkha bisa satu atau bisa menjadi tak terbatas, tergantung dari keadaan batin seseorang oleh karena itu UMAT JANGAN MENILAI BHIKKHU ATAU BHIKSU DARI PENAMPILAN LUARNYA SAJA, TAPI HORMATILAH BHIKKHU ATAU BHIKSU KARENA DIA ADALAH SEORANG BHIKKHU ATAU BHIKSU.

So that's all folks he..he...

Vajradeva
umat yang kasian melihat para Bhikhu dan Bhiksu

Do you Yahoo!?
Make Yahoo! your home page
Yahoo! Groups Sponsor
click here