Sinar Mentari dan Daun-daun Hijau  (12)

Y.A. Mahabhiksu Thich Nhat Hanh

Bernyanyilah!

Di tengah-tengah hidup yang serba tergesa ini, marilah kita menyalakan obor kesadaran di dalam diri masing-masing dan mempelajari kembali cara yang benar untuk minum teh, makan, mencuci piring, duduk, berjalan, mengemudi, dan bekerja. Kita tidak harus terpengaruh oleh lingkungan.

Kita bukan daun kering atau balok kayu yang hanyut terbawa arus sungai. Di bawah cahaya kesadaran, hidup kita menjadi lebih berarti; dan menyadari bahwa kita lebih dari sekadar mesin ekonomi, bahwa pekerjaan bukanlah suatu rutinitas yang hanya membuat kita terasing. Kita akan menemukan bahwa hidup ini adalah suatu keajaiban, alam semesta ini suatu keajaiban, dan kita pun suatu keajaiban!

Bila anda sedang kehilangan arah dan makna hidup, berhentilah   sebentar, dan tanyakan kepada diri sendiri, “Apa sesungguhnya yang sedang aku lakukan?  Apakah aku sedang membuat hidup ini sia-sia?” Pertanyaan itu akan menghadirkan kembali kesadaran kita, memunculkan seulas senyum di bibir, dan setiap langkahmu dalam bekerja menjadi hidup.

Dan jika anda ingin menyanyi, bernyanyilah!  Dengan sepenuh hati.

Sumber : “Cuci Piringmu Sehabis Makan”, Penerbit Karaniya, 1993

Penerjemah : Tirtasanti

Yahoo! Groups Sponsor
click here