Di internet, ada banyak situs yang pro dan kontra fluoridasi (pemberian
fluorida dalam air minum, garam, dan pasta gigi). Perbandingannya kira-kira 1 :
100. Satu yang pro-fluoridasi berbanding 100 yang kontra-fluoridasi.

Yang kontra berjumlah ratusan, tapi tidak ada satu pun berasal dari badan resmi
kedokteran atau badan pemerintah (lokal, nasional atau internasional). Pada
umumnya situs-situs yang kontra itu dibuat oleh perorangan atau
kelompok-kelompok warga masyarakat di kota-kota besar atau kecil di Barat.

Situs-sistus yg ditampilkan oleh Rekan Sumedho hanya sekadar laporan media
massa atau tidak mempunyai bobot kredibillitas:

Yang pertama, situs BBC, tidak lebih dari berita media massa yang memberitakan
adanya kontroversi di seputar fluoridasi. Di bawahnya dicantumkan puluhan surat
pembaca, banyak di antaranya yang menentang fluoridasi dengan nada emosional.
Tidak ada informasi ilmiah bisa diperoleh dari situs ini.

Yang kedua, http://www.rvi.net/~fluoride/ saya akui sangat mendetail SEHINGGA
saya tidak sempat mengecek sendiri kebenarannya--Tetapi menurut saya situs itu
tidak lebih dari ungkapan obsesi pemilik situs, Darlene Sherrell, yang tinggal
di Grenada, West Indies. Orang ini menuduh Kementerian Kesehatan Amerika
Serikat mengelabui rakyat Amerika dengan menyatakan bahwa fluoridasi air minum
diperlukan untuk menjaga kesehatan gigi penduduk dan tidak berbahaya.
Pemerintah A.S. dituduhnya menjadi antek-antek dari raksasa industri A.S., yang
mempunyai bahan limbah mengandung fluorida dan berusaha meninabobokkan
masyarakat A.S. dari "bahaya fluorida". Ini salah satu contoh situs privat yang
paling vokal dan emosional di antara ratusan situs yang menentang fluoridasi
air minum.

Situs-situs privat lain memanfaatkan secara psikologis sikap independen rakyat
A.S., yang kadang-kadang berlebihan dan sering kali tidak suka akan intervensi
pemerintah dalam kehidupan privat yang dianggap pribadi. Dengan menampilkan HAM
dan 'freedom of choice', mereka menentang fluoridasi air minum apa pun
alasannya.

*****

Di lain pihak ada segelintir situs yang pro-fluoridasi air minum. Hampir semua
situs itu berasal dari badan-badan kedokteran resmi, badan-badan kesehatan
pemerintah atau badan kesehatan internasional. Semuanya menyatakan bahwa
fluoridasi air minum TELAH TERNYATA bermanfaat selama puluhan tahun untuk
kesehatan gigi penduduk, dan tidak ada bukti-bukti mengenai bahayanya.

Marilah kita mulai dengan situs U.S. CDC (Centers for Disease Control &
Prevention), bagian dari Kementerian Kesehatan A.S.:
http://www.cdc.gov/mmwr/preview/mmwrhtml/rr5014a1.htm yang berjudul:
"Recommendations for Using Fluoride to Prevent and Control Dental Caries in the
United States."
Dokumen ini disusun oleh tidak kurang dari 11 dokter gigi dosen di berbagai
universitas di A.S., dan dikaji ulang oleh tidak kurang dari 22 dokter gigi
dosen atau peneliti dari berbagai universitas dan badan penelitian di A.S., dan
mempunyai tidak kurang dari 270 referensi.
Dokumen ini memuat informasi teknis paling lengkap tentang fluorida dalam
kaitannya dengan kesehatan gigi yang saya ketahui.

Mungkin ada pembaca yg akan menyanggah: Yah, US CDC itu kan badan pemerintah
A.S. ... Mengingat kesan yg diperoleh dari Perang Irak dll, tampaknya Presiden
Bush dan Pemerintah A.S. bekerja sama erat dengan industri A.S. Jadi, apakah
tidak mungkin kebijakan US CDC disetir oleh Menteri Kesehatan A.S. agar sesuai
dengan kebijakan umum Pemerintah A.S.?  Itulah yang dituduhkan oleh semua situs
yang kontra-fluoridasi di atas.

OK-lah kita tinggalkan Pemerintah A.S. dengan US CDC-nya. Mari kita lihat apa
yang dikatakan oleh AMA (American Medical Association -- Persatuan Dokter
Amerika,  semacam IDI). Policy AMA tentang fluoridasi air minum dapat dilihat
dalam halaman-halaman mereka:
* H-440.945 Fluoride Content of Municipal Water Supplies
* H-440.972 Statewide Fluoridation
dalam situs AMA. (Carilah di dalam situs AMA dengan kata kunci H-440.945 dan
H-440.972)

AMA adalah badan kedokteran non-pemerintah, semacam IDI di Indonesia. Apakah
kita akan berkata bahwa AMA pun telah disetir oleh raksasa industri A.S.?

Dalam posting lalu telah saya tampilkan FAQ dari Persatuan Dokter Gigi Kanada
(CDA - Canadian Dental Association), yang mendukung fluordasi air minum. CDA
ini pun bukan badan pemerintah Kanada. Apakah organisasi ini juga disetir oleh
raksasa industri Amerika?

Bagaimana dengan Persatuan Dokter Gigi Amerika Serikat (ADA - American Dental
Association)? Lihat situs ini:
http://www.ada.org/prof/resources/topics/fluoride.asp
Ternyata mereka pun mendukung fluoridasi air minum. Apakah persatuan para
dokter gigi A.S. ini--yang juga bukan badan pemerintah A.S.--juga sudah
tercengkeram oleh raksasa industri A.S.?

Seandainya semua para ahli dan dokter gigi di A.S./Kanada sudah dipengaruhi
oleh raksasa industri A.S., mari kita lihat apa kata Persatuan Dokter Inggris
(BMA - British Medical Association):
http://www.bma.org.uk/ap.nsf/Content/Water+fluoridation
Di situ antara lain dinyatakan:

"July 2006
"BMA selama bertahun-tahun mendukung  fluoridasi persediaan air minum. Kami
mendukung kebijakan ini atas dasar keefektifan, keamanan dan persamaan (equity)

"Fluoridasi air minum adalah strategi kesehatan masyarakat yang efektif untuk
mengurangi kerusakan gigi di kalangan penduduk. Bukti-bukti yang menumpuk
selama bertahun-tahun menunjukkan bahwa fluorida sangat melindungi gigi
anak-anak, dan sangat aman. Fluoridasi air minum adalah salah satu cara paling
efektif untuk mengurangi kerusakan gigi di kalangan penduduk. ....

"BMA mendukung tindakan Pemerintah untuk mengubah undang-undang agar mewajibkan
perusahaan-perusahaan air minum untuk melakukan fluoridasi air minum mereka
jika ada dukungan lokal yang kuat untuk itu. ....

"Bukti-bukti Medis
"BMA merasa yakin bahwa tidak ada bukti-bukti yang meyakinkan tentang adanya
risiko merugikan terhadap kesehatan manusia dengan dilakukannya fluoridasi air
minum. Bukti-bukti dari penelitian ilmiah menunjukkan bahwa fluorida di dalam
air minum sekitar 1 ppm (part per million) tidak mempunyai efek apa pun
terhadap kesehatan tubuh kecuali mengurangi kerusakan gigi. Pandangan ini
didukung oleh, antara lain, World Health Organization (WHO), the Royal College
of Physicians, dan British Dental Association. .....

"Terdapat lebih dari 40 tahun pengalaman di Inggris mengenai fluoridasi buatan,
dan kita tidak melihat bukti-bukti adanya efek merugikan di wilayah-wilayah [yg
melakukan fluoridasi] tsb, kecuali fluorosis gigi pada sejumlah kecil anak.
Baik 'York Review' (lihat ref #1) maupun 'MRC Working Group' (lihat ref #2)
tidak dapat menemukan bukti-bukti yang MEYAKINKAN akan adanya penyakit
otot-tulang, penyakit ginjal, kemandulan, kerusakan sistem syaraf pusat atau
kerusakan kelenjar tiroid. ....."

Nah, apakah persatuan dokter-dokter Inggris (BMA)--yang bukan badan pemerintah
Inggris--yang terkenal integritasnya itu pun sudah tunduk pada raksasa industri
A.S.? ...Nggak kebayang.

Kalau belum puas juga, mari kita lihat apa kata Organisasi Kesehatan Sedunia
(World Health Organization - WHO) tentang fluoridasi:
http://www.who.int/oral_health/strategies/cont/en/index.html
Di situ tertulis antara lain:

"Fluoridasi air minum umum efektif untuk mencegah lubang gigi (caries) pada
anak-anak dan orang dewasa. Fluoridasi air minum menguntungkan semua warga yang
dilayani oleh perusahan air minum bersangkutan tanpa memandang status sosial
atau ekonomis mereka. Program fluoridasi garam dan susu terbukti mempunyai efek
sama bila digunakan dalam program-program pencegahan masyarakat. Tindakan
profesional dan individual termasuk penggunaan obat kumur mulut, gel, pasta
gigi berfluorida, dan pemberian lapisan penutup gigi (sealant) berfluorida
sebagai cara mencegah lubang gigi. Di sejumlah negara berkembang, pemasaran
pasta gigi berfluorida yang terjangkau telah terbukti merupakan strategi
berharga, menjamin bahwa penduduk terekspos pada fluorida secara memadai."

Dari mana pula kutipan tersebut berasal? ... Kutipan itu berasal dari sebuah
dokumen WHO yang berjudul "WHA53.17 - Prevention and control of noncommunicable
diseases". ... Apakah WHA itu?

WHA adalah singkatan dari World Health Assembly, sidang tahunan dari Menteri
Kesehatan-Menteri Kesehatan dari seluruh dunia! Termasuk Menteri Kesehatan R.I.
Di situ dibahas masalah-masalah kesehatan yang dihadapi di banyak negara di
seluruh dunia. Sidang WHA ke-53 diadakan pada bulan Mei 2000, membahas tentang
pencegahan dan pemberantasan penyakit-penyakit tidak menular. Termasuk masalah
kesehatan mulut, dari mana kutipan tersebut diambil.

Jadi dapat dikatakan, kutipan di atas merupakan pandangan dan sikap dari
seluruh Menteri Kesehatan-Menteri Kesehatan di dunia. Dan ternyata seluruh
dunia mendukung fluoridasi air minum! Apakah para Menteri Kesehatan itu sudah
dipengaruhi oleh raksasa industri A.S.?

Kalau ini pun masih mau dibantah oleh situs-situs privat dengan argumentasi
yang sering kali sangat bias karena dipengaruhi oleh pengalaman emosional
perorangan, dan Anda percaya itu .... yah, terserahlah.

*****

KESIMPULAN

Pandangan dan sikap saya pribadi adalah:
(1) dengarkanlah pernyataan badan-badan kesehatan/kedokteran resmi, baik
pemerintah maupun non-pemerintah (seperti ADA, AMA, CDA, BMA, IDI, PDGI dsb),
maupun badan kesehatan internasional (WHO);
(2) berhati-hatilah membaca situs-situs perorangan/privat yang tidak jelas
kredibilitasnya dan motifnya--betapa pun tampak ilmiah--karena mereka
memanfaatkan credulity Anda (kecenderungan untuk percaya begitu saja tanpa
kritis); ratusan situs seperti itu terpampang di internet.

Salam,
Hudoyo

At 07:41 AM 8/14/2006, Sumedho <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>Saya bukan dokter, tapi saya kebetulan mengikuti perkembangan informasi
>tentang fluoride.
>IMO fluridasi itu cukup berbahaya karena intake-nya tidak terkontrol. Jumlah
>asupan dari air minum tiap orang berbeda2x dan juga paparan fluride dari
>makanan juga bisa bervariasi. Contohnya teh yang juga mengandung fluoride,
>atau para atlit yang minum air jauh lebih banyak dibanding pekerja kantoran.
>Akibatnya sangat sulit membatasinya. Di negara maju ini menjadi hal yang
>diributkan karena air minum mereka juga terfluoridasi. Di Indonesia sepertinya
> [...]

** Menyadari apa yang sesungguhnya sedang terjadi SAAT INI di dalam diri saya
maupun di luar diri saya **

** Kami kembali tuk hidup dalam kekinian yang menakjubkan; tuk menanami taman
hati kami benih-benih kebajikan; serta membuat fondasi pengertian dan cinta
kasih yang kokoh **

** Kami mengikuti jalur perhatian penuh, latihan tuk melihat dan memahami
secara mendalam agar mampu melihat hakikat segala sesuatu, sehingga terbebas
dari belenggu kelahiran dan kematian **

** Kami belajar tuk: berbicara dengan penuh cinta kasih, menjadi penuh welas
asih, menjadi perhatian terhadap pihak-pihak lain pagi ataupun sore hari,
membawa akar-akar suka cita ke banyak tempat, membantu sesama melepaskan
kesedihan; dan tuk menanggapi dengan penuh rasa syukur kebajikan orang tua,
para guru, serta sahabat-sahabat kami **