To:                     [EMAIL PROTECTED]
From:                   Liu Guoliang <[EMAIL PROTECTED]>
Date sent:              Mon, 30 Oct 2000 06:17:17 -0800 (PST)
Subject:                Re: Pergamena (was Re: Yusrizal yang terjajah oleh al-Mushaf
twas Re: [Istiqlal]

> Ada kata2 dalam bahasa Arab (bahasa AlQuran) yang tidak bisa
> diterjemahkan dalam bahasa manapun tanpa sedikitpun merubah arti
> sebenarnya.

    Tiap bahasa, dan bukan hanya bahasa Arab yang dipakai di
    al-Quran, mempunya kata-kata yang tidak bisa diterjemahkan
    kedalam berbagai bahasa lain.

    Ini bahagian pelajaran pertama di linguistik umum.

> Jadi kalau mau mempelajari Islam secara mendalam  pelajarilah
> bahasanya dulu. Islam itu bukan agamanya orang Arab,  tapi agama
> semua umat manusia seharusnya. Tapi banyak orang yang  nggak
> percaya.

    Dengan menurutkan logika ini maka ratusan juta penduduk dunia
    ini yang menganut agama Islam dan tidak mengenal bahasa Arab
    bukanlah orang Islam yang tahu apa ajaran Islam itu.

    Artinya ikut-ikutan.

    Dan anda sendiri apakah anda bisa berbahasa Arab dengan baik
    higga bisa membedakan antara bahasa Arab literaire abad keVII
    Masehi yang dipakai oleh al-MMshaf dan bahasa Arab yang dipakai
    sekarang di Tunisia misalnya?