To:                     [EMAIL PROTECTED]
From:                   "Gu Yo-Nan" <[EMAIL PROTECTED]>
Date sent:              Fri, 01 Dec 2000 03:55:18 -0000
Subject:                [proletar] Re: hey! hey! hey!

> [...]
> dari paus-paus sebelumnya.  Meskipun dasar filosofinya tetap saja
> Credo ut Intelligam (Aku percaya supaya aku bisa mengerti).
>
> Dalam ensiklikalnya yang berjudul "Fides et Ratio" (Iman dan Akal)
> Paus YP II menjelaskan di mana posisi gereja terhadap science.
> Dikatakannya bahwa "truth cannot contradict truth", jadi kalau
> science itu mengandung truth, maka ajaran gereja tidak mungkin bisa
> bertentangan dengan science itu, dan begitu juga sebaliknya.
>
> Pada kesempatan lain, Paus YPII bahkan mengakui bahwa Teori Evolusi
> itu bukan cuma omong kosong belaka. Ini sempat membikin geger umat

    Sekali lagi inilah beda ajaran Nasrani dari ajaran Islam:

    ajaran Nasrani telah mengalami kemajuan, karena ajaran Nasrani
    telah (dan terus menerus masih) dipintarkan, ajaran Nasrani
    telah (dan terus menerus masih) dimanusiawikan.

    Dan  ini semua berkat adanya gerakan Reformasi yang memungkinkan
    diakuinya kebebasan untuk mempunyai dan menyatakan pendapat.

    Ajaran Islam belum mengalami Reformasi, makanya orang-orang
    Islam masih asyik saling mengkafirkan dan masih asyik saling
    berbunuhan.

    Di ajaran Islam masih banyak apa yang disebut oleh Arkoun
    l'impensé (yang tak terpikirkan).