mudah2an ini bisa bermanfaat .....

mengenai memperbaiki sistem pencernaan kita, ada baiknya kita juga pahami
mengapa sistem penceraan kita dapat melemah. Nah, ada beberapa faktor yang
menyebabkan sistem pencernaan kiat melemah, diantaranya:

a.       Terlalu banyak makan atau terlalu sering makan.
b.       Makan sambil diselingi minum air. Hal ini dapat mencairkan rembesan di
perut.
c.       Kebiasaan makan yang terlalu cepat (tidak dikunyah halus).
d.       Tekanan perasaan dan faktor umur. Dua hal ini dapat mempengaruhi
tindak balas tubuh karena rembesan di
       perut dikeluarkan jika tubuh berada dalam keadaan seimbang. Semakin
lanjut usia maka semakin sedikit
       rembesan yang dihasilkan (terutama asam hidroklorik).

Gejala-gejala yang muncul jika seseorang memiliki sistem pencernaan lemah:
a.       Badan/nafas berbau

b.       Lambat dalam mencerna makanan

c.       Rambut yang kering/rusak

d.       Buang angin selepas makan

e.       Kurang selera makan/kurang tenaga

f.        Kuku rusak (berkerut), mudah patah

g.       Buang air besar (BAB) kurang dari 2 kali dalam sehari

h.       Mengalami gangguan dan kelainan masalah kulit

i.         Tulang dan gigi rawan lemah

Dari sini untuk memperbaiki kondisi pencernaan kita dapat dilakukan dengan
beberapa cara diantaranya:

- dari cara makan (kunyak dengan halus, jika masih ingat, kita diajarkan untuk
mengunyah makanan hingga 33x. Hal itu fungsinya tidak lain adalah untuk
melumatkan bahan2 makanan yang masuk ke tubuh kita sehingga kerja lambung dan
usus menjadi berat. Akibatnya kondisi usus akan tidak bertahan lama.

- Makanlah pada jam-jam dimana tubuh akan bekerja optimal.
  Siklus sistem pencernaan dibagi menjadi tiga yaitu :
1. Siklus pencernaan  (pukul 12.00 siang sampai 20.00 malam) merupakan saat
yang tepat untuk menkonsumsi  makanan yang padat karena siklus pencernaan
bekerja lebih aktif. Setelah pukul 8 - 9 malam sebaiknya tidak makan makanan
padat  lagi karena lambung tidak boleh sesak dengan makanan pada saat tidur.
2. Siklus penyerapan ( 8 malam - 4 pagi). Pada saat tubuh dan pikiran kita
sedang istirahat total atau tidur, tubuh mulai menyerap, mengasimilasi, dan
mengedarkan zat makanan. Kurang tidur di malam hari atau makan larut malam akan
memboroskan energi dan mengganggu aktifitas siklus.
3. Siklus pembuangan (4 pagi -  12 siang). Secara intensif tubuh mulai
melakukan  pembuangan sisa-sisa makanan dan sisa-sisa metabolisme. Siklus ini
paling banyak memakai energi. Selagi siklus ini berlangsung sebaiknya tidak
mengkonsumsi makanan berat dan padat karena menurunkan intensitas proses
pembuangan, memperlambat proses  pencernaan, dan memboroskan energi.

Mungkin itu dulu, dan jika ada yang ingin di tanyakan dapat melalui YM ke saya .
(bersambung)

wassalam