--- In dokter_umum@yahoogroups.com, Primadhana Astara <prima...@...>
wrote:

> Salam Dok,
>
> Saya ada masalah dengan hidung. Sudah lumayan lama masalahnya ini.
Hampir setiap pagi, siang, dan malam, hidung sering tiba-2 tersumbat.
Kalo mau dikeluarkan, susah sekali, seperti benar-2 terblokir. Selama
ini, kalo lagi sedang kambuh, pasti saya teteskan Ovitrin. Sempat ke
dokter THT, disuruh X-Ray buat cek sinus. Tapi sinus selalu negatif.
Hidung di cek, katanya agak merah di bagian dalam. Dikasih obat seperti
spray ke hidung. Tapi nggak sembuh-2 juga, biarpun sudah 2 bulan
pemakaian obat spraynya. Yang mau saya tanyakan Dok :
> 1. Aman kah pemakaian Ovitrin selamanya ? Saya selalu teteskan 1 tetes
ke hidung setiap tersumbat. tunggu 1 menit, pasti langsung plong.
> 2. Ada teman menyarankan di gurah. Kira-2 amankah kalau di gurah ?
> 3. Apakah hidung tersumbat bisa terjadi karena efek dari lambung ?
> 4. Kalau mau mencek lagi masalah di hidung saya, apakah ada saran dari
dokter apa yg harus saya cek selanjutnya ?

> Terima kasih atas penjelasannya Dok,
>
> Salam, Prima

Jawab:
Mungkin saja itu karena alergi, yang dapat ditelusuri dengan mengetahui:
Apakah di keluarga Anda ada yang menpunyai riwayat alergi, atau astma
atau eksim yang sering kambuh-kambuh?
Bila memang benar, karena alergi, penyembuhan secara total, sangat
sulit, karena terpaut genetika/keturunan. Yang bisa diobati adalah
frekwensi kekambuhannya.
Saya tidak melihat hubungan kausal antara hidung tersumbat dengan efek
dari lambung, kecuali bila Anda mempunyai sakit maag, maka akan timbul
bau napas yang tidak sedap.
Pemakaian obat tetes hidung untuk jangka waktu yang lama maupun gurah,
saya juga TIDAK menyarankan karena akan berdampak pada iritasi pada
mukosa hidung. Oleh sebab itu, diperlukan pemeriksaan spesialis THT yang
perlu juga dipertimbangkan apakah ini suatu Polip?
Demikian penjelasan saya, terima-kasih