Kalau terjadi korupsi di swasta, maka akan mengakibatkan laba perusahaan
menurun. Dengan demikian, pendapatan pajak yang diterima pemerintah akan
menurun pula Padahal, pendapatan pajak itulah yang akan digunakan untuk
menggaji guru-guru, membeli persenjataan militer, membangun rumah sakit,
mengentaskan kemiskinan dll. Yang jelas contoh kasus BLBI 600 trilyun
ditanggung oleh sekitar 225 juta rakyat Indonesia. Dengan demikian,
korupsi di swasta idem ditto dengan korupsi di pemerintahan/BUMN dimana
muaranya akan merugikan rakyat suatu negara.

Firdaus

Kirim email ke