Demokrasi juga tak selalu menguntungkan masyarakat kok mas Coen,
terutama bila konstituen-nya mayoritas bodoh. Karena bodoh, maka mereka
sering harus berpartisipasi dalam keadaan terilusi oleh minoritas yang
kuat baik secara ekonomi dan intelektual. Jadi, keputusan-keputusan
yang lahir dalam demokrasi yang semacam ini akan sangat bias terhadap
kepentingan mayoritas.

Well, IMHO, keburukan pada sistem pemerintahan yang manapun, biasanya
korbannya mah rakyat jelata (mayoritas). Kalau saya sih melihat sistem
pemerintahan itu ya hanya alat saja, yang penting visi dan misi yang
ada dibaliknya: mau pro mayoritas atau pro status quo.

Salam
B.S.

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional