Quote:
"..
Perjanjian bidang pertahanan, kata Presiden, merupakan kelanjutan kerja sama

sebelumnya yang telah terjalin kokoh, namun cakupannya lebih luas, tepat dan

dengan keuntungan lebih nyata.

Paling tidak, menurut Kepala Negara, Indonesia bisa mengetahui perkembangan
teknologi militer modern yang dimiliki Singapura dan memanfaatkan fasilitas
yang ada di negara itu. Selain itu, Singapura akan membangun infrastruktur
di tempat latihan yang memakai wilayah RI. Pernyataan senada juga
disampaikan Menhan Juwono.
.."

Dulu waktu publik belum paham apa sih isi perjanjian 'ekstradisi', sebagian
pihak
tersenyum (bahkan mungkin bangga) telah berhasil 'memaksa' Singapura
mendukung
upaya ekstradisi.. Malah, bisa jadi ini akan menjadi 'prestasi' yang patut
dibanggakan
sebagai kampanye keberhasilan, suatu waktu kelak..

Kalau bagus, bos donk yang harus muncul (bahkan mengklaim).. Tapi begitu
'ketahuan' jeroannya, giliran anak buah yang harus maju.. :-(
Komentar yang saya tulis ini (bagus buat bos, jelek anak buah yang
berkorban)
rasanya pernah masuk ke milis ini.. Tapi mungkin waktu itu dicap sebagai
sikap
serba curiga-an atau apalah namanya..  Nyatanya, sampai saat ini belum ada
perubahan.. sama saja.. mirip gaya ORBA..

CMIIW..

Wassalam,

Irwan.K

------
Oleh Ema Sukarelawanto
Kontributor Bisnis Indonesia

http://www.bisnis.com/servlet/page?_pageid=127&_dad=portal30&_schema=PORTAL30&vnw_lang_id=2&ptopik=A01&cdate=28-APR-2007&inw_id=522648

Akhir 'bulan madu' koruptor

Agaknya, para koruptor yang kabur ke Singapura bakal tidak tenang. Pasalnya,

bulan madu sudah berakhir. Betapa tidak? Petinggi negara kota itu bisa
menjamin pengembalian aset koruptor ke pangkuan Ibu Pertiwi karena Singapura

memiliki peraturan pengembalian aset-aset seperti itu. Kerahasiaan bank
bukan untuk melindungi kriminal.

Itu semua bisa dilakukan lantaran Indonesia dan Singapura telah
menandatangani perjanjian ekstradisi yang berlangsung di Istana
Tampaksiring, Gianyar, Bali, kemarin.

Rusa-rusa yang tengah menghirup udara di sore yang cerah di Istana
Tampaksiring menjadi saksi dari tekad kedua negara. Sebuah perjanjian yang
telah ditunggu-tunggu selama tak kurang dari tiga dekade, dan dikebut
pembahasannya sejak dua tahun terakhir melalui sembilan kali pertemuan.

Penandatanganan perjanjian ekstradisi dilakukan Menlu Hasan Wirayuda dan
Menlu Singapura George Yeo. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan PM
Singapura Lee Hsien Loong ikut hadir menyaksikan dengan wajah berseri-seri.

Bersama perjanjian itu, ditandatangani pula kerja sama pertahanan kedua
negara yang diteken Menhan Juwono Sudarsono dan rekannya dari Singapura, Teo

Chee Hean. Sedangkan kerangka aturan tentang daerah latihan militer
ditandatangani Panglima TNI Jenderal Djoko Suyanto dan Commander of Chief
Singapura Desmond Kwek.

..
[...]

Ketika dimintai komentarnya saat tengah menikmati gerak-gerik rusa di
halaman Istana Tampaksiring, Mensesneg Yusril Ihza Mahendra mengatakan
perjanjian ekstradisi tersebut pada dasarnya serupa dengan yang telah
diteken Jakarta dengan negara lain.

Namun, yang spesifik dari perjanjian esktradisi ini berlaku surut 15 tahun.

..
Tapi politisi Senayan tampaknya bersemangat menindaklanjuti. Buktinya, Theo
L. Sambuaga, anggota DPR yang juga hadir di Tampaksiring, berjanji
secepatnya meratifikasi perjanjian tersebut.

Kini, harapan banyak orang adalah kekayaan negara yang digondol ke Singapura

bisa segera kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi.
([EMAIL PROTECTED]<redaksi%40bisnis.co.id>
)