Jl. Cipinang Besar Selatan no. 16A
Cipinang, Jakarta Timur

Lokasi Rumah Singgah untuk di Surabaya:
Dinoyo Surabaya
Jl. Dinoyo Alun-Alun II/36C
Telp. 031-5662271

http://www.pondokrenungan.com/dana/lokasi.php

Sejarah Kampung Jembatan

Pada awalnya Kampung Jembatan adalah sebuah kawasan rawa seluas kurang lebih
satu sampai tiga Hektar yang dibagi dua oleh aliran Kali Cipinang, anak Kali
Ciliwung. Dari beberapa sumber didapatkan beberapa versi berbeda dari awal
terbentuknya kawasan hunian ini. Dari berbagai versi tersebut semuanya
sepakat bahwa pemilik tanah ini pada awalnya adalah seorang tuan tanah
Betawi yang tinggal di bagian atas wilayah tersebut.

Seperti pada umumnya pemukiman-pemukiman miskin di wilayah urban, terjadi
jaringan migrasi berantai yang memanfaatkan hubungan keluarga atau hubungan
sesama penduduk dari asal kampung yang sama. Wilayah ini bertambah padat
dengan adanya beberapa peristiwa penggusuran tanah di sekitar daerah ini,
diantaranya: penggusuran di wilayah Gembrong yang hanya berjarak 500 meter
dari wilayah tersebut, penggusuran "gepeng" (gelandangan dan pengemis) dari
wilayah kuburan Cina-Kobon Nanas yang berjarak sekitar 700 meter dari
wilayah tersebut, serta penggusuran penduduk dari wilayah tepat di atas
rawa-rawa ini untuk didirikan SDN 01 Cipinang Besar Selatan.

Jadi sepanjang berkembangnya kampung ini, penghuninya adalah kaum migran
dari daerah dan para waga lain yang terkena penggusuran tanah di tempat
tinggal sebelumnya.

Secara geografis, Kampung Jembatan terletak diantara Pabrik Jaya Mix -
Kuburan Cina Cipinang (sebagai batas selatan) dan jalan Pedati & jalan Raya
Casablanca (sebagai batas utara), serta diantara jalan By-Pass (sebagai
batas barat) dan Waduk Cipinang (sebagai batas timur). Kampung ini termasuk
dalam wilayah Kelurahaan Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur, dan meliputi
RT 09 dan 012, RW 06 (dalam kegiatan kesehatan dan pos yandu mengikut
sertakan juga RT 02). Secara keselurahan luasnya kurang lebih satu sampai
tiga hektar yang dibelah dua oleh kali Cipinang di tengahnya.

Kondisi Demografis Tidak ada data yang akurat mengenai jumlah penduduk di
Kampung Jembatan. Berdasarkan jumlah pemilik Kartu Keluarga (KK) saja
tercatat 410 keluarga atau 1.500 jiwa sebagai penduduk tetap di Kampung
Jembatan.

Warga Kampung Jembatan hampir seluruhnya memeluk agama Islam, hanya 4 KK
yang beragama katholik. Sebagian besar warga berasal dari daerah-daerah
"kantung beras" Jawa Barat seperti Subang, Ujung Gebang, Indramayu, Krawang,
Bumiayu, Kejiwan (Cirebon) dan Sumedang serta dari daerah pantai utara Jawa
lainnya seperti Tegal, Batang, Wleri, Semarang dan Brebes. Mayoritas
masyarakat bekerja di sektor informal, yaitu pemulung logam, pedagang
asongan, pedagang kecil, buruh transportasi.

Dalam keseharian, tiap sub-kelompok masyarakat masih terlihat mempertahankan
budaya asal masing-masing. Walaupun pada generasi yang terlahir di Jakarta
sudah mulai ada imitasi terhadap budaya kota metropolitan, namun warna
budaya asal masih kental. Indikasi hal ini terlihat dari penguasaan dan
penggunaan bahasa daerah masing-masing dalam berkomunikasi dalam keluarga.

Keadaaan anak-anak Dari pencatatan terhadap keluarga-keluarga pemegang KK,
terdaftar 400 anak yang bermukin di Kampung Jembatan. Mereka tidak memiliki
banyak pilihan aktivitas. Hanya sebagian dari mereka yang bersekolah,
sementara sisanya putus sekolah atau tidak pernah sekolah sama sekali.
Mereka yang bersekolah rata-rata mendapat bantuan beasiswa dari siapa saja
yang peduli dengan mereka.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan sebagian dari mereka tidak bersekolah,
yaitu: letak sekolah yang relatif jauh bagi mereka, pelajaran sekolah yang
susah, keinginan sang anak membantu orang tua mencari nafkah, serta biaya
sekolah yang tidak terjangkau.

Baik sekolah maupun tidak, sebagian besar anak Kampung Jembatan harus
bekerja untuk membantu orang tuanya. Ada yang melakukan pekerjaan domestik
(membantu mengurus rumah tangga) ada juga yang membantu mencari nafkah.

Keadaan pemuda Yang termasuk sebagai pemuda di kampung Jembatan kurang lebih
berjumlah 100 orang. Mereka memang telah terbiasa dengan tuntutan untuk
dapat menghidupi diri mereka sendiri. Menjadi pemulung, tukang bangunan atau
kuli upahan bukanlah hal yang baru bagi mereka.

Disisi lain, tentunya mereka juga memiliki keinginan akan adanya perbaikan
hidup, akan tetapi keterbatasan akses untuk melangkah ke tingkat selanjutnya
menyebabkan mereka menjadi rendah diri dan merasa hidup mereka sekarang
adalah batas maksimal dari seluruh kemampuan mereka. Walaupun sebenarnya ada
kinginan untuk maju dan berkembang, tetapi untuk mereka hal itu hanyalah
impian. Keinginan mereka telah dibatasi oleh anggapan turun-temurun bahwa
anak orang miskin tetap akan miskin selamanya. Apalagi ada label yang mereka
percaya bahwa mereka adalah orang bodoh dan malas. Label tersebut begitu
mereka percayai dan menambah rasa minder mereka dalam menghadapi orang yang
menurut mereka lebih tinggi tingkatan sosial-ekonomi. Rata-rata pemuda
Kampung Jembatan hanya mengecap pendidikan sampai di tingkat SD. Bagi mereka
sulit untuk melihat adanya kesempatan berkembang lebih jauh dengan hanya
mengandalkan pendidikan setingkat itu. Lingkunagn telah menciptakan rasa
pesimis dalam menghadapi kehidupan. Pendidikan hanya diartikan sebagai salah
satu usaha untuk mengangkat status, terutama pandangan dari orang tua yang
menyekolahkan mereka. Tetapi, dengan melihat lingkungannya yang tidak
mengandalkan pendidikan untuk mencari nafkah, sekolah bukanlah tujuan utama
mereka. Tujuan utama mereka adalah mencari nafkah dan merencanakan untuk
membentuk rumah tangga.

(disadur dari "Proposal Program pendampingan Kampung Jembatan" - Jentera
Muda Jakarta (JMJ) yang telah mengalami revisi, terutama pada data angka
disesuaikan dengan kenyataan sekarang)

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
DANA MITRA LINGKUNGAN {Friends of the Environment Fund}
Pusat Niaga Duta Mas Fatmawati, Blok B1/12
Jl. RS. Fatmawati 39, Jakarta 12150 - INDONESIA
Telp. : (62-21) 724 8884, 724 8885 | Fax. : (62-21) 724 8883
Email : [EMAIL PROTECTED] | URL# http://www.dml.or.id

Konperensi ke 4 APRCP @ http://aprcp.dml.or.id
FORLINK @ http://forlink.dml.or.id
Bursa Limbah @ http://w2p.dml.or.id
Forum KMB Indonesia @ http://forumkmb.dml.or.id
Join Milis PB, kirim email ke mailto:[EMAIL PROTECTED]