C20 apa artinya? Ma'af, saya keliru. Mestinya C/20,
artinya arus pengisian = Nominal AH dibagi 20, Jadi
kalau accu anda 60 AH (Ampere Hour), maka arus
pengisiannya =60/20=3 Amp dan dilakukan pengisian
selama 20 jam.
Kalau mau lebih cepat pengisiannya, maka bisa dipakai
c/10 (atau arus pengisian = 60AmpereHour/10 Hour = 6
Ampere). Makin lambat proses pengisiannya (atau arus
pengisian makin kecil) akan membuat accu lebih awet.
Sebaliknya proses pengisian yang terlalu cepat (Quick
charge) berarti membunuh accu secara perlahan-lahan
dan membuat umur accu menjadi lebih pendek.

Anda tidak perlu bongkar-bongkar PS anda yang masih
bagus, bahkan selama proses pengisian, PS anda yang
kapasitasnya segitu gedenya itu masih bisa digunakan
untuk keperluan lain (misalnya nge'break). Jadi anda
bisa QSO sambil nyetrum accu.
Ati-2 saat men'charge accu, yaitu masalah over charge
dan over heating,

salam,
jangkung