Halo ini tanggapan tentang bbm:
Sebenarnya kita nggak perlu ribut-ribut kalo pemerintah atau LSM bisa melepaskan
ketergantungan masyarakat Indonesia dari bahan bakar minyak. Salah satunya dengan
memperkenalkan alternatif bahan bakar yang murah dan ramah lingkungan.

Misalnya, saya pernah liat di Bandung ada beberapa kendaraan umum yang diujicobakan
menggunakan bahan bakar LPG. Saya dengar bahan bakar ini jauh lebih murah, hemat dan
ramah lingkungan dibandingkan dengan bensin. Satu contoh lagi, Almarhum Prof. Herman
Johanes menemukan sejenis arang (saya lupa namanya) yang bisa digunakan untuk bahan
bakar kompor sebagai pengganti minyak tanah. Arang ini jauh lebih murah dan hemat bila
dibandingkan dengan minyak tanah yang banyak menjadi pilihan masyarakat Indoensia
terutama golongan menengah bawah.

Coba, kenapa nggak ada yang menindaklanjuti penemuan ini?. Seharusnya ada yang
mengembangkan, membuatnya jadi produk masal, lalu mensosialisikan. Kalau ini bisa
berjalan, ada banyak keuntungannya, antara lain lingkungan kita bisa menjadi lebih
bersih, kita tidak perlu pusing-pusing ngabisin energi buat demo setiap kali harga bbm
naik, dan masyarakat pun tidak perlu mengalokasikan sejumlah besar dananya hanya untuk
bbm...Gimana?.

-0-
Fitri