Justru Sumpah Pemuda itu SAMA SEKALI bukan kuno. Karena produk dari
masyarakat terpelajar yang sangat memahami betuk kondisi zamannya.
Sebetulnya ada perbedaan yang cukup besar (menurut saya) antara
sumpah pemuda dan sumpah palapa.

Sumpah Pemuda adalah produk dari pemikiran yang matang dan sangat
diperlukan di zaman dimana orang merasa perlu melakukan perlawanan
bersama-sama atas sebuah kekuatan asing yang menjajahnya.

Bila ini diartikan angkat senjata, maka pernyataan-pernyataan
tersebut sangat tepat. kalaupun ingin diadaptasi pada kondisi hari
ini dimana perang yang terjadi bukan antara bambu runcing dan
meriam, melainkan perang pembunuhan budaya dan identitas (kalau
boleh saya sebut begitu) maka, sudut pandang dalam memahami sumpah
pemuda itulah yang harus diperbaharui. Bukan lagi menyatukan yang
terserak tapi memahami keberagaman. karenanya itulah identitas kita.
KEBERAGAMAN. bukan KESERAGAMAN.

Oh, ya sementara itu sumpah palapa (tanpa mengurangi rasa hormat
saya pada Patih Besar Gajah Mada) menurut saya adalah ambisi
meluaskan wilayah kekuasaan. Bukan usaha menyatukan yang terserak
seperti yang dilakukan oleh organisasi seperti Budi Utomo.

Lalu karya kita sebagai pemuda zaman sekarang ???
Nah, kalau menurut saya, mengenali diri kita yang punya akar saat
ini sangat penting. Pohon yang berakar kuat masih mungkin
menumbuhkan daun dan buah, tapi bila akar sudah tumbang bagaimana
buah dapat terpetik ?

Wah, menyenangkan sekali ngobrol sama mba Dwi, sering-sering aja
ya...
Salam manisss

--- In filsafat@yahoogroups.com, "Dwi Irwanti" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> [...]
> dah lama juga ga ngisi dimilis ini..
>
> Sumpah pemuda adalah "momentum" kedua persatuan bangsa setelah
pertama
> kali diikrarkan oleh Gajah Mada dengan "SUMPAH PALAPA"nya.
> Dulu pernah saya postingkan ttg Gajah Mada.
>
> Apakah benar bahwa penjajah sudah tidak ada? :)
> Mungkin dulu perangnya dengan senjata... musuhnya keliatan secara
dhohir..

> 3 point tersebut klo dibaca leterlek memang nampaknya sudah kuno
tapi
> maknawinya...? filosofisnya?
> apalg lagu Indonesia raya yg diciptakan 17 tahun sebelum
kemerdekaan...

> Itu pemuda 79 tahun yang lalu...
> kemudian karya pemuda sekarang untuk bangsa ?
>
> Salam kenal
> -i2n-
> --- In filsafat@yahoogroups.com, "temon_brangti" <temon_brangti@>

Indonesia.