Barangkali (*bukan ttg pasir, batu, atau lumpur ...*) yang dimaksud Sdr
AbdiTehJihad adalah SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi), yaitu
sistem penyaluran listrik AC tegangan tinggi (klo gak salah 500KV atau
lebih) antar daerah yang menggunakan media kabel di udara terbuka.

Biar aman dari sengatan tegangan listrik dan medan radiasi elektromagnet
(EM), maka kabel-kabel tersebut  haruslah digantung pada tempat yang cukup
tinggi, untuk itu dibutuhkan tower/tiang yang cukup tinggi pula.

Jadi ... kembali ke pertanyaan awalnya ...
"mohon jawabannya mengenai kuat pengaruh sutet terhadap kuat medan magnet"

dengan asumsi bahwa yang dimaksudkan adalah medan magnet bumi, maka jawaban
saya secara sederhana adalah sebagai berikut:

TIDAK ADA

karena:
Medan magnet bumi di suatu tempat besarnya tertentu dan relatif konstan
Medan magnet bumi di suatu tempat tidak pernah tahu ada medan EM oleh SUTET
atau tidak
Medan EM dari SUTET dan medan magnet bumi berdisi sendiri-sendiri tanpa
saling mempengaruhi

Tambahan:
Medan EM oleh SUTET bersifat bergetar dengan cepat (50Hz di Indonesia),
perubahan medan listrik menimbulkan perubahan medan magnet, dan sebaliknya
secara bergantian.

Demikian pendapat saya, dan akan diperbaiki bila di kemudian hari terbukti
salah.

YangBelumTahuAdanyaInteraksiAntaraMedanSutetDenganMedanMagnet
-eka-

2008/10/16 Nur Taqwa <[EMAIL PROTECTED]>

> maaf apa anada bisa menjelaskan mengenai sutet itu?????
> soalnya saya baru dengar bahasa yang seperti itu. maaf
>
> --- Pada *Rab, 15/10/08, abditehjihad <[EMAIL PROTECTED]>* menulis:
>
> Dari: abditehjihad <[EMAIL PROTECTED]>
> Topik: [FISIKA] sutet
> Kepada: fisika_indonesia@yahoogroups.com
> Tanggal: Rabu, 15 Oktober, 2008, 1:18 AM
>
> mohon jawabannya mengenai kuat pengaruh sutet terhadap kuat medan magnet

Kirim email ke