Dengan tidak bermaksud mementahkan apa yang sudah dibicarakan, saya coba
sampaikan kembali penjelasan yang pernah saya terima dari guru tentang
mengapa kita merasa gerah sebelum hujan turun.

Pada saat menjelang hujan kelembaban udara mencapai maksimum, sehingga
keringat kita tidak bisa lagi menguap untuk membawa sebagian panas tubuh
kita (padahal tubuh selalu memproduksi panas). Akibatnya adalah kita
'terbakar' panas tubuh sendiri yang kita sebut dengan kegerahan.

Ketika hujan telah turun maka kelembaban udara pun menurun karena uap air
sebagian besar sudah menjadi tetes hujan. Keadaan ini memungkinkan keringat
kita bisa menguap kembali untuk mendinginkan tubuh kita. Itulah kenapa
setelah hujan turun kita akan merasa dingin kembali.

Ada juga yang menjelaskan, bahwa pada saat hujan turun terjadi banjir ion
negatif di udara, sehingga kita merasa segar. Untuk hal ini saya butuh
konfirmasi dan pencerahan dari hadirin yang tahu persisnya.

Ayo kita berbagi tahu ... :)

- eka -

Kirim email ke