Paul,
rasanya saya pernah tulis email ttg VSP di milis ini
tahun lalu,
tapi menjawab pertanyaan Paul:
Yah travel time terpengaruh, tetapi kalau depth nya
jauh lebih besar dari washout thickness, mestinya
pengaruhnya tidak terlalu banyak, tetapi kalau mau
bisa di koreksi asal tahu kira-kira berapa ketebalan
"mud" /"mud-cake".
tetapi hal yang sangat mempengaruhi seperti kata Vicky
adalah tidak adanya coupling yang baik.  jadi geophone
nya bisa goyang-goyang sendiri.  tetapi mestinya hal
ini bisa ketahuan waktu mau shoot.  setelah calipernya
di buka maka kelihatan di monitor apakah coupling nya
bagus dengan melihat X dan Y component.  Tetapi
mungkin ada saat juga dimana shooting tetap harus
dilakukan walaupun ada "background" noise di X-Y
component nya kalau Z componentnya stabil  dengan
catatan yang dibutuhkan hanya info travel time nya
jadi hanya untuk checkshot bukan VSP.
mudah-mudahan bisa membantu.
Paul bisa tolong di baca lagi email saya ttg procedure
meng-QC checkshot atau VSP, rasanya saya posting di
fogri.

fbs

--- "Allo, Paulus T"