Bambang, Syafri dan yang lainnya.
saya coba menyatukan beberapa email dari anggota milis
ini.
Pertama,sebagai tambahan(dari saya), Landmark punya
ZMAP yang sangat canggih untuk hitung volume; tetapi
yang penting di sini adalah modelnya (sesuai kata
Bambang).
kalau mau bertitik berat ke data sumurnya saja, yah
memang "uncertainty" dan variasinya bisa tinggi.
Mungkin data 3D seismic nya bisa di optimalkan
penggunaan nya.  Mulai dari post-stack
processing/inversion/modeling dan mungkin pre-stack
processing/inversion/modeling.

Kalau benar porosity adalah yang dominan penyebab
variasi dalam perhitungan cadangan model nya maka
"biasanya" cukup pakai P-impedance, untuk prediksi
porosity distribution.  (catatan: P-impedance berbeda
dengan acoustic impedance, Paul TA expert dalam bidang
ini, kalau tidak salah skripsi dan salah satu papernya
di HAGI cerita juga ttg ini)

Kalau ada keragu-raguan bahwa bukan hanya porosity
yang menyebabkan variasi yang tinggi (maksudnya tidak
semua porous zone terisi HC), maka bisa di test dulu
(pakai data sumur) P-impedance, dan S-impedance, atau
kalau mau kedengaran agak berbau rock-physics, pakai
Lambda-rho dan mu-rho.  kalau data sumurnya menyatakan
positif kedua besaran tsb. bisa dipakai utk memisahkan
HC dari yang lain(dalam seismic resolution), maka bisa
di "hitung" kedua besaran tsb dari seismik.  (ini
sesuai dengan yang di tuturkan Paul TA)

Jadi yang saya dapat simpulkan dari beberapa email
tsb. adalah diperlukannya pembuatan model yang lebih
detail (lebih kecil grid intervalnya, istilah nya
reservoir simulator). Bisa beberapa cara, salah satu
nya yang saya sadur dari Paul TA dan Syafri di atas.

Setahu saya Landmark + Halliburton punya metode
canggih juga untuk ini, tolong di beritahu dong Bang.
Kalau tidak mau di anggap promosi, mungkin teman-teman
yang sudah pernah pakai bisa cerita sedikit.

fbs