Ibu Lida,
ada tiga cara yang biasanya dilakukan dalam hal
pembuatan synthetic sonic log ini
1. membuat dari log yang lain dari sumur yang ada,
misalnya dari density pakai Gardner atau empirical
formula yang di derive sendiri dari data sumur yang
ada;  atau pakai Faust formula untuk yang dari
resistivity (atau empirical formula dari resistivity)

2. membuat dari sonic log dari data rock physics yang
ada, biasanya ini membutuhkan rock-catalog yang cukup
lengkap. rumusnya banyak, tetapi pengetahuan ttg clay
content di setiap interval di sumur tersebut , dll di
butuhkan selain sifat physics dari setiap jenis batuan
yang ada di daerah tersebut.  sudah ada yang berhasil
membuat ini sehingga tidak perlu selalu run sonic log
(ini di Indonesia loh).

3. kombinasi keduanya, jadi punya rock catalog, lalu
pakai log lain yang ada di sumur, bikin synthesisnya
secara looping untuk membuat supaya match keduanya.
dalam hal ini yang tidak terukur kayak clay
volume/content, Velocity pada clay murni, pada sand
murni dan pada mud murni bisa di rubah-rubah.
yang ketiga ini biasanya lebih time consuming tetapi
mungkin lebih mendekati pengukuran sonic kalau
dilakukan.

nah saya rasa saya tidak perlu sebut perusahaan mana
yang bisa bikin ketiga-tiganya kan.
masih ingat nomor telepon saya kan ?

kalau checkshot, sebaiknya perhatikan layers/formasi
yang mempunyai interval velocity yang cukup kontrast
dengan layers/formasi sebelumnya.  jadi mungkin bisa
pakai interval velocity yang di derive dari beberapa
checkshot, lalu di apply, makin tipis belum tentu
berarti makin baik prediksi nya, karena persamaan Dix
nya makin besar error nya (ilmu dari Pak Amir Balfas
waktu beliau masih tidur/makan dll dengan bukunya
Hubral).  Kalau perlu lateral variation dari
layer/formation interval velocity juga bisa di pakai.
sekian dulu mudah-mudahan bisa membantu

fbs

--- Rusalida Raguwanti <[EMAIL PROTECTED]>