Bung Satria,

Saya menduga RSBI adalah cara baru untuk membisniskan pendidikan dengan
menjaring konsumen orang tua yang doyan menuhankan IQ dan kecerdasan.

Kemungkinan lain, dengan anggaran 26 triliun, Depdiknas terpaksa melakukan
kejar tayang program menghabiskan anggaran selama tiga tahun ke depan. Tentu
saja pilihan paling gampang ialah membuat proram yang menyerap banyak uang
(anggaran) dan kelak membayar media untuk mencitrakannya sebagai program
yang sukses. Sebagai rejim pemuja citra, semua hal harus tampak baik dan
bercitra positif. Perkara isi/dalamannya amburadul itu soal lain.

Untuk dugaan pertama, kuncinya ada pada fungsi pengawasan DPR, organisasi
guru, dan masyarakat yang concerns pada dunia pendidikan kita. Sedangkan
yang kedua, ada pada organisasi jurnalis dan lembaga2 penyiaran dn
perusahaan media, apakah mereka mau menerima iklan pencitraan pendidikan
yang secara konsep dan konten bermasalah. Tapi untuk yang kedua dibutuhkan
story atau fakta kegagalan maupun keberhasilan program RSBI ini. Karena
tidak mungkin media mengangkat sesuatu jika masih dalam tahap wacana alias
belum ada bukti konkret.

Jadi, marilah sama2 kita cermati apa yang terjadi ke depan ini.

Salam
Al Item