Ibu Yuli,
Benar sekali bahwa sangatlah susah untuk bisa menemukan kebenaran di
IPDN/STPDN. Ibu menggambarkanya dengan sangat tepat " ....... Baru menjadi
seorang praja/siswa, didepan wapresnya saja bisa berbohong, apalagi sudah
menjadi penjabat kepada bawahan dan rakyatnya ......." MasyaAlloh, saya sungguh
tidak habis pikir, kenapa pola pikir siswa yang katanya mencapai sekitar 4500
plus pembina dan staff pengajarnya minus beberapa orang (seperti pak Inu
kencana dan teman2nya), kok bisa begitu seragam untuk berbohong, indoktrinasi
macam apakah yang telah berlaku di IPDN/STPDN ini ?!

Saya kok jadi bercuriga, jangan2 IPDN/STPDN ini dulunya memang dibuat untuk
suatu tujuan politis ya ?! Begini logikanya, dikala menjadi siswa mereka
di-indoktrinasi sedemikan rupa sehingga secara psikology menjadi robot yang
hanya menurut pada atasanya, sehingga sewaktu mereka lulus dan menjabat, mereka
tetaplah secara psikologis adalah robot yang tetap saja menurut kepada
atasanya, dan ini berlaku untuk semua aparat, kalau ada yang tidak mengikuti
sistem yang digariskan, mereka harus dipaksa mengikuti sistem, kalau ada yang
membangkang, dihajar secara fisik dan psikis. Pokoknya semua harus satu
komando. Sehingga ketika saatnya pemilu, pucuk komando teratas bilang "pilih
A", maka seluruh aparat dari kota-pantai-desa terpencil, plus keluarganya,
harus pilih A. Apa memang ini tujuan dibentuknya IPDN/STPDN dulu ya .....