Halo teman-teman...Ikutan ngerumpi yaaahhh....

  Soal istilah PEREMPUAN dan WANITA, dari yang pernah saya dengar  memang punya
perbedaan konotasi. Konon, WANITA itu berasal dari kata 'banita' (entah dari
bahasa apa) yang artinya budak perempuan. Saya juga pernah dengar asal kata
WANITA yang artinya wani di tata itu. Sementara PEREMPUAN, konon kabarnya
berasal dari penambahan awalan Pe-An terhadap kata empu yang dalam bahasa
sansekerta berarti guru. Artinya, PEREMPUAN itu memiliki makna 'per-empu-an'
alias 'perguruan' yang dianggap sebagian kalangan bermakna 'lebih mulia'
ketimbang kata wanita.
  Ini sejauh yang saya tahu ya...Mohon bila ada teman-teman milis yang lebih
mumpuni soal bahasa mau ikut urun rumpi agar semuanya makin jelas.

  Saya sendiri, memang lebih suka menggunakan kata perempuan setelah mendengar
penjelasan tersebut, tapi juga sama sekali tidak anti kata wanita, sebab
majalah tempat saya kerja menggunakan istilah wanita untuk menyebut perempuan.
Jadi, saya mengikuti konteks saja saat memilih apakah menggunakan wanita atau
perempuan. Gitu dulu teman-teman...

  Salam..
  Indah

frater telo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          Kok jadi soal terminologi sih? Perempuan untuk menyebut lawan jenis
dari
laki-laki. Perempuan lebih umum sedangkan wanita menyebut pada yang telah
berusia dewasa.

Kirim email ke