Pengalaman Paulus menggambarkan betapa masyarakat sudah dibodohi oleh iklan
AXE.  Terlihat juga sebenarnya tujuan Anda untuk menggunakan produk ini tidak
lain adalah mendapatkan reaksi yang sama dengan yang diharapkan di iklan.
Bahwa perempuan akan serta merta mengikuti segala kemauan lelaki yang
menggunakan produk ini.  Anda mengharapkan kebodohan perempuan tapi lihatlah
siapa yang sudah terbukti kebodohannya.  Maaf kalau agak kasar.  Tapi itulah
tujuan dari iklan ini.  Dengan tujuan mendapatkan keuntungan tinggi tidak
peduli bahwa ia sudah membodohi masyarakat.  Iklan seperti inikah yang harus
dibiarkan ditayangkan.

Apalagi iklan juga ditayangkan tidak pandang waktu, sehingga kemungkinan besar
anak-anak juga menontonnya.  Iklan kemudian dapat juga dijadikan alat
mempopulerkan bahkan melenggang  sebuah ideologi, terlebih partriaki.  Ideologi
yang jelas tidak menguntungkan bahkan mengobjekkan perempuan.

Untuk Sonar Situmorang,  masyarakat  khususnya lelaki selama ini memang sangat
gampang bersikap melecehkan baik dari ucapan maupun sikap kepada perempuan.
Perempuan yang mengatakan bahwa dia telah dilecehkan selama ini juga dikatakan
macam-macamlah, sok sucilah.  Apa yang dirasakan perempuan sebenarnya sama jika
mendapatkan perlakuan yang melecehkan.  Hanya perbedaannya, tidak semua
perempuan mempunyai kesempatan yang sama untuk mengatakannya.  Belum semua
perempuan dimungkinkan berkata dan bertindak untuk mengatakan tidak atas
pelecehan bahkan kekerasan.  Intinya, tidak semua perlakuan yang selama ini
Anda anggap wajar, adalah wajar buat perempuan.  Tidak semua ucapan yang Anda
anggap lelucon dan dapat membuat tertawa adalah menyenangkan buat perempuan.

Salam,

Qori